Hilangkan Stress dengan Berolahraga Bulutangkis

Gedung olahraga  bulutangkis Cak Sudeki Dukuhsari Jabon Sidoarjo. SP/Hikmah

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Olahraga bulutangkis adalah salah satu kegiatan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar,  salah satu pecinta olahraga bulutangkis saudara Sudeki, seorang pengusaha muda dan sukses dari Desa Dukuhsari Kecamatan Jabon Sidoarjo telah membangun fasilitas gedung olahraga bulutangkis di belakang kediamannya untuk teman teman sesama penghobi olahraga Bulutangkis. 

Gedung bulutangkis yang cukup nyaman tersebut, sekarang sudah bisa digunakan untuk memfasilitasi teman teman yang hobby olahraga tepok bulu tersebut setiap hari selasa dan sabtu malam, para peserta yang hanya sebagai penggembira karena nafas dan fisik sudah berkurang karena faktor usia adalah saudara Mi'an, cak Dikin, Juwari dan cak Mad adalah para pecinta bulutangkis yang selalu meramaikan gedung olahraga bulutangkis milik Sudeki tersebut, selain itu sudah muncul puluhan generasi muda yang masih duduk dibangku SMP dan SMA yang punya potensi dan bakat yang bagus di bidang olahraga bulutangkis yang selalu meramaikan gedung cak Sudeki pada malam mingguan tersebut. 

Bermain bulu tangkis selama satu jam sehari membantu membakar 480 kalori. Bila kegiatan ini dijadikan kebiasaan, maka bisa menghilangkan berat badan minimal 4 kg dalam waktu satu bulan. Bulu tangkis merupakan olahraga yang sangat melelahkan karena memanfaatkan hampir setiap otot di tubuh.

Bulu tangkis tidak hanya memberikan manfaat kebugaran fisik, tetapi juga manfaat bagi kesehatan mental. Otak akan melepaskan hormon mood bahagian dalam jumlah banyak ketika kita berolahraga, yaitu endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan untuk menggantikan hormon kortisol dan epineprin, dua hormon sebagai pemicu stres.

Kesemua hormon positif ini akan bekerja sama menimbulkan perasaan senang dan mengusir stres, sehingga menciptakan pikiran-pikiran positif dan memperbaiki kualitas tidur. 

Efek penurunan tingkat stres ini juga semakin bertambah karena permainan bulu tangkis melibatkan interaksi sosial dengan banyak orang dalam satu waktu. Ngobrol, bersenda gurau, dan bertukar pikiran dengan orang lain merupakan salah satu cara sederhana untuk menghilangkan stress. 

Bagi generasi penggembira seperti cak Mi'an, cak Dikin bulutangkis adalah olahraga yang bisa mengeluarkan keringat secara terus menerus selama permainan berlangsung dan menyehatkan. Hik