HIPMI Gandeng Disperindag Kota Blitar Gelar Festival Batik Blitar Keren

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 21 Mar 2022 15:57 WIB

HIPMI Gandeng Disperindag Kota Blitar Gelar Festival Batik Blitar Keren

i

Jumpa pers bersama ketua HIPMI dan Kadisperindag Kota Blitar serta Putri Indonesia 2011. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - HIPMI Kota Blitar bersama Disperindag Kota Blitar gelar festival Batik Blitar Keren yang digelar sejak Sabtu (19/03) sampai Minggu (20/03) malam di pelataran Patung Peta yang terletak di halaman SMP Negeri 6 Blitar jalan Sudanco Supriyadi. Penutupan Festival Batik Blitar Keren ditutup oleh Wagub Jawa Timur Emil Lestianto Dardak.

Selama festival yang digelar dipamerkan puluhan produk UMKM dengan produk batik, kopi dan lainnya hasil Produksi masyarakat Kota Blitar.

Baca Juga: Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

Dalam kesrmpatan itu Drs Hakim Sisworo M.Si selaku Kepala Disperindag Kota Blitar pada wartawan mengatakan penyelenggaraan festival Batik Blitar keren ini  bertujuan untuk memanfaatkan momen kebangkitan ekonomi utamanya UMKM setelah mengalami penurunan selama dua tahun akibat pandemi. 

"Kebetulan karya Mas Yogi ini sedang viral maka kita manfaatkan juga momen ini dalam pengembangan memperkenalkan Batik Blitar secara Nasional, syukur sampai ke Luar Negeri," kata Hakim merujuk pada Yogi Rosdianta, pemilik Batik Mawar Putih. 

Sedang Ketua HIPMI Kota Blitar Endry Rifan Saputro menambahkan Festival Batik Blitar Keren merupakan ajang untuk memfasilitasi promosi bagi produk usaha kecil terutama di bidang kerajinan batik produksi Blitar. 

"Yaa kita utamakan usaha-usaha yang sedang dirintis untuk kita fasilitasi, karena tujuannya juga untuk memacu kewirausahaan di kalangan masyarakat, dalam memproduksi Batik," ujar Endry sebelum penutupan Festival.

Selain itu Endry mengatakan pihaknya akan menggelar kegiatan serupa dengan fokus pada produk produk lain selain batik. 

"Sementara kali ini batik yang kita utamakan, tapi lain kali kita akan cari lagi potensi potensi dari Kota Blitar yang lain untuk kita dorong, dalam kemajuan usaha lainya," kata Endry.

Baca Juga: 2 Rumah di Blitar Dibobol Maling saat Ditinggal Mudik, Pelaku Terekam CCTV

Juga Festival Batik Blitar Keren dihadiri Putri Indonesia 2011 Maria Selena sekaligus ikuti penutupan Festival Batik Blitar Keren di kompleks Museum Peta Blitar.

Dalam kesempatan itu Maria Selena memuji dan apresiasi produk batik Blitar yang mampu menembus Pasar Internasional.

"Jangan rèmèhkan karya anak daerah karena potensi Daerah ternyata bisa memiliki peluang dan potensi yang sama dengan kota kota lainya," ungkap wanita dengan tinggi 170 cm ini.

Tepat pukul 21.00 (Minggu 20/03) Wagub Jawa Timur menutup festival Batik Blitar Keren, dalam pesannya bahwa batik merupakan budaya daerah yang menjadikan ikon suatu daerah yang merupakan ciri khas budaya bangsa, dan sangat tepat Kota Blitar dengan inisiatif memulai kegiatan promosi batik dengan Batik Blitar Keren, semoga hal ini akan menjadikan berkesinambungan untuk melestarikan Batik secara Nasional bahkan Internasional.

Baca Juga: Berkat Dukungan TN-Polri, Pelayanan di Daop 7 Aman dan Terkendali

 

Acara diakhiri penyerahan Lukisan batik kepada Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak didampingi Wali kota Blitar Drs Santoso.M.Pd. Les

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU