HIPMI Jatim Gelar Vaksinasi 5 Ribu Dosis Masyarakat Dirgantara Juanda

Vaksinasi massal COVID-19 di Bandara Juanda, Kamis (7/10/2021). SP/Sugeng Purnomo

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), BPD HIPMI Jatim, dan BPC HIPMI Sidoarjo dan JD.ID menggelar vaksinasi massal COVID-19 di Bandara Juanda, Kamis (7/10/2021). 

Kegiatan vaksinasi masyarakat sektor dirgantara sekitar Bandara Juanda Terminal 1  target kuota Vaksinasi 5000 Dosis 1 dan Dosis 2 Sinovac dengan sasaran masyarakat sektor dirgantara serta masyarakat umum sekitar (masyarakat sekitar Surabaya dan Sidoarjo, pekerja di area bandara, calon penumpang pesawat yang belum vaksinasi, warga sekitar Bandara Juanda Surabaya, masyarakat umum lain-nya).

Program vaksinasi massal oleh HIPMI Jawa Timur dengan tema  “Vaksin Aman Masyarakat Sehat” antara lain melibatkan sejumlah pihak yang berpartisipasi yakni JD.ID, BPD HIPMI Jawa Timur, BPC HIPMI Surabaya  serta Sidoarjo, Angkasa Pura I, Puspenerbal Juanda & Lanudal Juanda (TNI AL), Lanudal AU dan KKP Kelas I Surabaya. 

Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor hadir dalam kegiatan vaksinasi tersebut serta Manager PT Angkasa Pura I, Wadan Puspenerbal, Danlanudal Juanda serta Danlanud AU Surabaya.

Bendahara Umum HIPMI Pusat Hilda Kusumadewi mengatakan pemilihan masyarakat sektor dirgantara sebagai target sasaran vaksinasi dikarenakan fungsi dari pelabuhan dan bandara sebagai simbolisasi pintu lalu lintas keluar masuk Jawa Timur, terlebih Surabaya yang merupakan salah satu pintu gerbang masuk keluar terbesar bagi wilayah Indonesia Timur.

"Program ini digeber HIPMI untuk membantu percepatan vaksinasi demi melindungi masyarakat dari penularan COVID-19. Vaksinasi adalah salah satu ikhtiar kita bersama untuk mencegah penularan, untuk mengendalikan penyebaran COVID-19. HIPMI mendukung penuh upaya vaksinasi yang dilakukan pemerintah,” ujarnya.

Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Timur Rois Sunandar Maming mengatakan, program vaksinasi ini diharapkan bisa melindungi masyarakat dari Corona, agar ekonomi dapat kembali bergeliat.

"Agar laju pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir menjadi lebih baik, karena dengan imunitas semua bisa berjalan dengan lancar," kata Rois.

Rois menambahkan, pandemi telah menyebabkan ekonomi mandek dan tidak berjalan normal. Saat ini, banyak pengusaha yang mengeluh karena tidak bisa bekerja maksimal.

"Meski demikian, pengusaha masih bisa bertahan, terlebih saat ini aktivitas ekonomi juga sudah mulai dilonggarkan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Untuk itulah peran vaksinasi bagi pengusaha sangat penting agar roda ekonomi bisa cepat kembali berjalan," ucapnya.

Adhi Pratama Senior Media Relations Manager JD.ID menambahkan diharapkan dengan adanya vaksinasi  ini, arus lalu lintas dan transportasi bisa segera pulih dan kembali dan menggerakkan roda ekonomi Jawa Timur.

"Partisipasi JD.ID dalam program vaksinasi massal, sebagai bentuk kepedulian sosial. JD.ID, sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka yang memiliki jejaring bisnis dagang online dan logistik yang cukup kuat di Surabaya, turut mensukseskan program ini dalam bentuk dukungan sponsorship, serta penyediaan souvenir dan shopping voucher bagi seluruh peserta vaksinasi," katanya sambil mengarahkan para staf JD.ID yang membagikan suvenir kepada peserta vaksinasi.

Selain itu, JD.ID juga membangun area photobooth yang menarik dan photogenic, untuk menghibur para peserta vaksinasi. "Keterlibatan JD.ID dalam program vaksinasi massal ini merupakan bentuk kepedulian sosial perusahaan (corporate social responsibility) terhadap masyarakat Indonesia, terkhusus masyarakat Surabaya dan Sidoarjo, di dalam masa pandemi," katanya.

Lebih lanjut, Adhi Pratama mengatakan partisipasi JD.ID juga bermaksud untu memperkenalkan kembali JD.ID sebagai platform e-commerce yang mampu memfasilitasi kebutuhan masyarakat, dengan pilihan produk yang lengkap, berkualitas, dan #DijaminOri, serta layanan logistik yang aman dan dapat diandalkan.

"Melalui keikutsertaan JD.ID dalam program vaksinasi ini, JD.ID  berharap untuk dapat membantu pemerintah setempat dalam mempercepat terbentuknya herd immunity serta pemulihan ekonomi di daerah Jawa Timur," paparnya.

Selain bekerjasama dengan HIPMI Jawa Timur, JD.ID terlebih dahulu menjalin kerjasama dengan Kadin Surabaya dalam menyelenggarakan program vaksinasi massal pada tanggal 14 September 2021 silam, bertempatkan di Jatim  Expo International, dengan total 10.000 peserta vaksin. Sg