Hiu Tutul Sepanjang 8 Meter Terdampar di Pantai Jember

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 29 Agu 2022 15:24 WIB

Hiu Tutul Sepanjang 8 Meter Terdampar di Pantai Jember

i

Hiu tutul terdampar di pantai selatan Jember, Senin (29/08/2022)

SURABAYAPAGI.COM, Jember – Seekor Hiu Paus atau Hiu Tutul (Rhincodon typus) ditemukan mati terdampar di Pantai Dusun Bregoh, Desa Sumberejo, Ambulu, Jember, Jawa Timur, Senin (29/8/2022). Hiu Paus berukuran panjang delapan meter dan berat sekitar 1,5 ton yang ditemukan mati terdampar tersebut termasuk kategori spesies dilindungi.

Para nelayan menghubungi satpol Airud dan Basarnas untuk mengevakuasi hiu ke pinggir pantai.

Baca Juga: Awal 2024, Polres Jember Amankan 11 Tersangka Narkotika

Kasatpolair Polres Jember AKP M. Nai menjelaskan, petugas mendapatkan laporan dari warga terkait penemuan hiu. "Ditemukan sekitar pukul 09.00 WIB, kami langsung ke TKP," kata AKP M. Nai, Senin (28/08/2022).

"Kondisi hiu sudah mati. Kemungkinan terdampar sejak malam harinya," tambahnya.

Baca Juga: 3 Remaja Jadi Tersangka Pembunuhan Lansia di Jember

Selanjutnya, petugas gabungan dibantu dengan warga sekitar menguburkan bangkai hiu tutul sebelum busuk menggunakan alat berat. Pihaknya mengaku tak mudah untuk menguburkan hiu berukuran besar tersebut. Berbagai unsur dilibatkan agar penguburan bisa berjalan lancar.

Nai menambahkan hiu yang terdampar itu bukan hanya satu. Sehari sebelumnya, juga terdapat hiu yang terdampar dalam keadaan mati pada Minggu (28/8/2022). Hiu itu ditemukan di Pantai Canggaan, Kecamatan Ambulu. Petugas pun berupaya menguburkan hiu itu agar tidak dijarah oleh orang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Diiming-iming Cincin dan HP, Siswi MTs Dicabuli Tetangga Hingga Hamil 8 Bulan

Kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi, kasus serupa juga pernah terjadi dimana seekor hiu tutul terdampar di pantai Pantai Nyamplong, Gumukmas, Jember pada Juli lalu.

Selain itu, di tahun 2021, kasus hiu tutul terdampar juga terjadi di Perairan Laut Selatan Dusun Njeni, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas. Bahkan ketika memasuki musim kemarau, sejumlah hiu paus tutul banyak yang terdampar di Perairan Dusun Njeni ini. jbr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU