Hobi Koleksi, Kini Eksis Bisnis Kustom Hot Wheels

Falikhul Huda menunjukkan koleksi mobil Hot Wheelsnya. SP/ KDS

SURABAYAPAGI.com, Kudus - Falikhul Huda yang memang sangat menyukai hobi mengoleksi berbagai jenis mainan mobil mungil Hot Wheels sejak 2012 lalu. Kebanyakan koleksi mobilnya sudah dijual kepada kolektor. Saat ini hanya tersisa beberapa mobil saja. Salah satunya yang dipajang dalam figura yang ditempatkan di ruang tamunya.

Awalnya ia dikenalkan oleh temannya, lama kelamaan dirinya gemar hunting sendiri mobil di toko mainan maupun supermarket. ”Dulu fokus saya mengkoleksi jenis mobil batman, itu sudah lengkap. Sekarang ganti bone shaker, itu tak jualin peminatnya lumayan,” katanya.

Mobil berjenis treasure hunt regular factory seal ini ada sebanyak 16 unit. Koleksinya itu pernah ditawar orang, namun Huda enggan melepasnya. Sebab mobil koleksinya itu tergolong langka, hanya dibuat 500 unit saja di dunia. 

”Pas dulu belinya ya Rp 20 ribuan, sekarang harga jualnya bervariasi mulai Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu,” ungkapnya.

Ia membeberkan, mengkoleksi Hot Wheels adalah bagian dari investasi, khususnya mobil yang terbilang langka. Selain itu, kolektor atau penghobi harus punya prediksi yang tepat jika tak mau harga mobil mungil itu anjlok di pasaran.

Dari hobi yang ditekuni sembilan tahun itu, Huda berhasil meraih pundi-pundi rupiah. Sambil mengkoleksi kini ia sibuk berjualan mobil Hot Wheels. Bahkan tiap Minggunya ia sering mengadakan lelang. Dari lelang itu, ia sering mendapatkan uang jutaan rupiah.

Selain jualan mobil, ia menerima kustom Hot Wheels. Mobil mungil itu dikustom bodynya dengan motif karakter. Harganya dibuka dari harga Rp 150 ribu.

Huda juga pernah membuat gebrakan saat Pilres 2019 lalu. Dirinya membuat karakter Capres dan Cawapres Jokowi  dan Maruf Amin, sekaligus pasangan Prabowo Sandiaga Uno. Mobil yang dibanderol Rp 250 ribu itu laris manis di pasaran.

”Mobil kustom ini agar ga bosan dengan model dari pabrik. Mobil buatan saya ini juga pernah diorder ke Inggris pada 2018, jenisnya Moris Mini,” terangnya. Dsy4