Hospital IJN Malaysia, Layani Perawatan Kardiovaskular dan Toraks Kelas Dunia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 01 Jul 2022 17:31 WIB

Hospital IJN Malaysia, Layani Perawatan Kardiovaskular dan Toraks Kelas Dunia

i

Stan IJN dalam pameran yang diselenggarakan oleh Malaysia  Healthcare Expo Travel Council (MHTC), pada tanggal 30 Juni hingga 3 Juli 2022 di Atrium Tunjungan Plaza 3. SP/Amin

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya- Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)  adalah sebuah lembaga Kementerian Kesehatan Malaysia yang bertugas memfasilitasi dan mempromosikan industri pariwisata kesehatan Malaysia.

Institut Jantung Negara (IJN)  adalah salah satu Hospital yang bernaung dalam koordinasi MHTC, juga sedang  memperkenalkan layanan kesehatan berkualitas tinggi kepada masyarakat Surabaya. Hal ini terlihat pada pameran yang diselenggarakan oleh Malaysia  Healthcare Expo Travel Council (MHTC), pada tanggal 30 Juni hingga 3 Juli 2022 di Atrium Tunjungan Plaza 3.

Dato’ Akmal Arief Mohamed Fauzi, Deputy Chief Executive Officer, menjelaskan bahwa meskipun IJN telah lama menjadi rumah sakit di Malaysia, IJN juga telah memantapkan dirinya sebagai salah satu pusat perawatan  jantung terbaik di dunia.

Karena keunggulan klinisnya, IJN dipandang sebagai lembaga kuat yang memimpin tujuan MHTC untuk menjadikan Malaysia sebagai  pusat  kardiologi di wilayah tersebut.

“Dengan pengalaman kami selama beberapa dekade terakhir, dan kemauan untuk berkolaborasi dengan institusi global terkemuka, kami telah berhasil menjadi pelopor perawatan dan pengobatan kardiovaskular inventif di kawasan Asia Tenggara,” kata Dato’ Akmal.

"Selain itu, kami secara konsisten bekerja untuk merintis perawatan pasien jantung yang inovatif dan didukung secara ilmiah, terutama prosedur invasif minimal serta perawatan yang lebih baik untuk komplikasi jantung yang lengkap," imbuh Dato’ Akmal.

Tahun ini, IJN adalah yang pertama di Asia Tenggara yang melakukan prosedur elektrofisiologi yang sangat kompleks menggunakan perangkat jantung Acutus. Itu juga yang pertama di wilayah ini yang memperkenalkan perangkat balon revolusioner yang disebut Sistem Cryoablation POLARx.

IJN saat ini memiliki 449 tempat tidur, dengan 6 laboratorium jantung invasif dan 8 ruang operasi, serta 61 klinik konsultasi. Dengan 168 staf  klinis yang berkualitas, termasuk ahli jantung, ahli jantung anak dan ahli bedah  jantung, pasien dapat yakin untuk menerima perawatan dan pengobatan  khusus yang memenuhi kebutuhan kesehatan mereka yang berkualitas.

Klinik konsultasi IJN mencakup berbagai sub-spesialisasi, serta bidang kesehatan lain yang berdampak pada pasien jantung, termasuk dukungan diabetes dan pernapasan, klinik tidur, dan layanan berhenti merokok.

Dato’ Akmal menambahkan, IJN juga memiliki rekam jejak yang panjang dalam melayani pasien internasional dari seluruh dunia, Kami sudah lama melayani pasien dari Indonesia misalnya. Pada tahun 2019 saja, sebelum pembatasan perjalanan akibat pandemi, kami melihat 2.279 pasien jantung dari Indonesia mencari perawatan di pusat kami.

“Dalam hal ini, kami berada pada posisi yang baik untuk memahami jenis dukungan yang mungkin dibutuhkan pasien internasional ketika menerima layanan kesehatan di negara asing. Pusat Pasien Internasional (IPC) kami dilengkapi dengan baik untuk memandu pasien internasional kami di setiap langkah, bahkan sebelum mereka tiba, hingga saat mereka meninggalkan negara tersebut. Kami merawat pasien kami  tanpa ada batasan," kata Dato’ Akmal.

Pada kesempatan lain Aina Jamil, selaku Pengurus Kanan, Komunikasi  & Pemasaran IJN di luar negeri mengatakan, bahwa banyak rumah sakit di Malaysia yang siap melayani kedatangan pasien manca negara, rumah sakit di Malaysia sudah memiliki prasarana dan sarana pelayanan kesehatan yang baik dan berskala Internasional, baik gedungnya, peralatan kesehatannya maupun tenaga medisnya.

"Kami siap melayani dengan baik pasien- pasien mancanegara yang datang ke negeri kami untuk perawatan kesehatan," ucap Aina Jamil, dalam bahasa melayu Malaysia.

Menurut dia, respons masyarakat Indonesia cukup baik khususnya di Surabaya, pada tahun lalu, sebelum pandemi pada 2019.

Di antara layanan yang disediakan oleh IPC termasuk pengaturan perjalanan  udara dan darat, pemesanan akomodasi, dukungan visa dan kedutaan, serta layanan evakuasi dan penerjemahan medis. min

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU