Hujan - hujanan di Sungai, Bocah SMP Tewas Terseret Arus Sungai Benowo Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Feb 2023 09:46 WIB

Hujan - hujanan di Sungai, Bocah SMP Tewas Terseret Arus Sungai Benowo Surabaya

i

Jenazah korban yang terseret arus saat dievakuasi ke pinggir sungai, Jum'at (17/2/2023). SP/Ariandi.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Seorang siswa SMP salah satu SMP Negeri di Surabaya yang bernama Asraf Bayu Julias Halim (15) warga Kendung Jaya XII, Sememi, Surabaya ditemukan tewas mengapung di Pintu Air Benowo, TPU Babat Jerawat, Surabaya, Jumat (17/2/2023) sekitar pukul 17.07 WIB.

Korban diduga meninggal dunia setelah terseret arus hingga ke TPU Babat Jerawat saat bermain di sungai dekat kawasan Bukit Palma.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Plt. BPBD Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan, berdasarkan keterangan saksi yang bernama Abdul Rokim (48) warga Kendung Jaya, semula korban bersama dua orang temannya diduga nekat berenang di sungai kawasan depan Perumahan Bukit Palma, Jalan Bukit Palma, Babat Jerawat, Benowo, Surabaya, sekitar pukul 15.00 WIB.

Kondisi cuaca saat itu sedang hujan dengan intensitas lebat. Debit permukaan air sungai tersebut naik disertai dengan derasnya arus.

Kemudian, Abdul Rokim melihat mereka terseret derasnya arus sungai. Dua teman korban berhasil selamat setelah ditolong beberapa warga di lokasi.

Namun, nahas dengan korban. Tubuhnya mendadak tenggelam dan hilang terseret arus di pintu air saat berusaha diselamatkan sejumlah warga.

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

"Menurut keterangan saksi, pukul 15.00 WIB untuk korban bermain hujan-hujanan di sungai seputaran Bukit Palma. Korban tenggelam terseret arus sampai di TPU Babat Jerawat," kata Eddy, Jum’at (17/2/2023).

Akhirnya saksi pun meminta bantuan Command Center 112 Surabaya guna mendapatkan bantuan. Selang beberapa waktu, para petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya, Koramil Benowo, dan Polsek Pakal datang ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian korban.

Setelah dilakukan pencarian dengan alat seadanya, sekaligus melakukan pemantauan di sepanjang aliran sungai yang bermuara ke kawasan Pintu Air Sememi atau TPU Babat Jerawat selama 20 menit, korban ditemukan telah mengapung dengan kondisi tidak bergerak. Jenazah langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhakti Darma Husada (RS BDH).

Baca Juga: Unesa Terima 4.733 Camaba Lewat Jalur SNBP 2024

“Korban berhasil ditemukan namun sudah kondisi tidak bernyawa dan langsung dibawa ke RS BDH menggunakan unit patroli Koramil Benowo. Korban telah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan meninggal dunia (MD) oleh dokter medis BDH," terangnya.

Saat ini, pihak RS BDH tengah menunggu persetujuan keluarga korban untuk dilakukan uji forensik.

“Untuk uji forensik masih menunggu persetujuan dari keluarga korban,” pungkasnya. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU