Hujan Deras, 6 Kecamatan di Trenggalek Banjir

SURABAYAPAGI.COM, Trenggalek - Bencana banjir bandang melanda sedikitnya enam kecamatan di Kabupaten Trenggalek, Sabtu.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana hidrometeorologi tersebut. Namun genangan banjir yang sempat mencapai ketinggian satu meter di sejumlah titik pemukiman tersebut telah memaksa puluhan KK mengungsi sementara sampai air banjir surut.

Hujan deras dengan intensitas tinggi sejak dua hari terakhir telah menyebabkan sungai-sungai utama di daerah yang dikepung pegunungan tersebut meluap hingga masuk ke pemukiman warga di sekiranya.

"Banjir terus bergerak seiring meluapnya debit air sungai di daerah-daerah terdampak," kata Kasat Pol PP Kabupaten Trenggalek Triadi Atmono di Trenggalek.

Laporan BPBD Trenggalek menyebut, banjir terpantau terjadi di wilayah Kecamatan Trenggalek (kota), Pogalan, Larangan, Gandusari, Kampak serta Kecamatan Panggul.

Di wilayah kota, titik banjir terjadi di Kelurahan Kelutan, Tamanan dan Ngares sejak Jumat (7/10) malam. Genangan banjir terus meningkat hingga pagi hari.

Saat ini banjir di wilayah kota berangsur surut, titik banjir bergeser ke desa-desa wilayah Kecamatan Pogalan yang dilintasi Sungai Ngasinan.

Pada saat hampir bersamaan, banjir juga terjadi di Desa Salamrejo Kecamatan Karangan serta Desa Ngadirenggo dan Pogalan di Kecamatan Pogalan.

"Titik banjir juga terjadi di beberapa desa di Kecamatan Kampak, Gandusari serta di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul," papar Sekretaris BPBD Trenggalek Tri Puspita Sari.

Hingga Sabtu sore sebagian besar warga yang pemukimannya berada di jalur sungai utama terus melakukan kesiagaan. Hal itu seiring debit air sungai yang masih tinggi.