Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Sejumlah Pohon di Lamongan Tumbang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 26 Nov 2023 17:57 WIB

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Sejumlah Pohon di Lamongan Tumbang

i

Petugas TRC dari BPBD Lamongan saat mengevakuasi pohon tumbang. SP/MUHAJIRIN 

Di Desa Baturono Sukodadi Genteng Rumah Warga Runtuh 

 

Baca Juga: Cegah Stunting, KKP Ajak Makan Ikan Bersama Ribuan Santri Sunan Drajat

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Hujan deras yang disertai angin kencang di Lamongan pada Minggu (25/11/2023) siang, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang, bahkan ada sebagian rumah warga juga tersapu angin, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Joko Raharto Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan mengatakan, hujan yang disertai angin kencang ini terjadi di sebagian wilayah di Lamongan, tepat pukul 13.40 -14.01 WIB atau kurang lebih 20 menitan. 

"Iya benar tadi ada hujan yang disertai dengan angin kencang yang mengakibatkan beberapa pohon tumbang, dan sebagian ada atap rumah warga juga runtuh," kata Joko panggilan akrab Kalaksa BPBD Lamongan saat dikonfirmasi surabayapagi.com.

Disebutkan olehnya, sejumlah pohon yang tumbang itu terjadi di Jalan Raya Joto Desa Jotosanur Kecamatan Tikung, dan di Jalan Lamongrejo Kecamatan Lamongan Kota. Sedangkan sejumlah atap rumah runtuh terjadi di Desa Baturono Kecamatan Sukodadi.

Baca Juga: Toko Nelayan di Lamongan Terbakar

Usai mendapatkan laporan adanya peristiwa itu, tepat pukul 14:20 WIB  Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) meluncur ke lokasi untuk mengevakuasi pohon tumbang. Dengan gerak cepat tersebut, gangguan arus lalu lintas di jalan Provinsi itu bisa secepatnya teratasi. 

"Ya sempat ada gangguan lalu lintas, tapi Alhamdulillah tidak lama kemudian kemacetan bisa teratasi setelah pohon yang tumbang itu ditangani oleh TRC, kondisi arus lalu lintas saat ini  kembali normal" terangnya.

Evakuasi pohon tumbang ini, BPBD dibantu Agen Bencana BPBD Prov. Jatim, Muspika Kec. Tikung, Muspika Kec. Lamongan, Relawan dan masyarakat sekitar. 

Baca Juga: Seleksi Penerimaan Calon Paskibraka 2024 Lamongan Dimulai

 

Sedangkan untuk atap rumah yang runtuh di Baturono tambah dia, pihaknya langsung melakukan Assesment ke Lokasi Kejadian dan melakukan koordinasi dengan pihak Muspika Kecamatan Sukodadi dan Pemerintah Desa setempat. "Dalam kejadian baik pohon tumbang atau atap rumah runtuh tidak ada korban jiwa," jelasnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU