HUT Pertambangan dan Energi ke 77, Menteri ESDM Soroti Tantangan Energi Terbarukan Hingga Kendaraan Listrik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 04 Okt 2022 12:16 WIB

HUT Pertambangan dan Energi ke 77, Menteri ESDM Soroti Tantangan Energi Terbarukan Hingga Kendaraan Listrik

i

Menteri ESDM Arifin Tasrif.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyatakan tantangan sektor ESDM depan semakin berat. Maka dari itu harus dilakukan sebuah inovasi.

"Penerapan kendaraan listrik menjadi tantangan yang harus diselesaikan. Pada saat yang bersamaan, pemerataan dan keterjangkauan akses energi dalam menghadirkan kemandirian energi tetap menjadi prioritas pemerintah," kata Arifin dalam Upacara HUT Pertambangan dan Energi ke 77, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Kementerian ESDM: Pendaftaran Beli LPG 3 Kg Diperpanjang hingga Mei 2024

Implementasi kebijakan sektor ESDM, menurut arifin, harus bergerak dinamis dan harus mengimbangi pesatnya perkembangan dunia.

Arifin menjelaskan, guna mendukung pertumbuhan ekonomi serta pengembangan industri, kebijakan sektor ESDM diarahkan pada transisi energi yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Adapun arah kebijakan tersebut diprioritaskan pada ketersediaan energi, dengan memaksimalkan pemanfaatan energi baru terbarukan dengan harga yang terjangkau, dan kegiatan ekstraktif yang ramah lingkungan.

“Sesuai Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Minerba, kita harus menjalankan amanah hilirisasi mineral secara optimal untuk bisa memberi nilai tambah bagi industri, penyerapan tenaga kerja yang terintegrasi,” ujar Arifin.

Baca Juga: Cek Fakta Pernyataan Gibran, Potensi EBT RI Melimpah Capai 3686 Gigawait

Selain itu, Arifin juga mengatakan pemerintah perlu menjaga program-program yang bersentuhan langsung dengan rakyat.

“BBM satu harga, jaringan gas, alat penyalur daya listrik, penerangan jalan umum tenaga surya, dan kegiatan-kegiatan pro rakyat lainnya,” tandas Arifin.

"Selain itu kita juga harus membangun infrastruktur energi antara lain transmisi untuk gas, transmisi untuk listrik, untuk menjaga ketersediaan energi bagi seluruh masyarakat kita di Tanah Air," imbuh Arifin.

Baca Juga: Berkat Program Biodiesel Pasar Domestik, Negara Hemat Rp 120 Triliun

Sementara itu, ESDM mengusung tema Energi Bangkit Lebih Kuat dalam peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi tahun ini. Dengan tema ini, Arifin berharap sektor ESDM mampu bangkit dalam menghadapi tantangan global dan pandemi Covid-19.

Dengan begitu, dapat mengelola, mengendalikan, dan memanfaatkan sumber daya energi dan mineral secara maksimal

“Demi tercapainya kemandirian dan ketahanan energi, serta pembangunan nasional untuk sebesar-besarnya demi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkas Arifin. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU