Ibu Negara Iriana, Selamat Tiba di Ukraina

Presiden Joko Widodo beserta ibu negara Iriana Jokowi tiba di Ibu Kota Kyiv, Ukraina, pada Rabu (29/6/2022).

Keberaniannya Samai Ibu Tien Soeharto Saat Kunjungi Bosnia Tahun 1995

 

 

SURABAYAPAGI, Ukraina, Kyiv- Saat ini perang antara Ukraina dengan Rusia yang masih berkecamuk di Ukraina. Rabu (29/6/2022) semalam, dilaporkan Ibu Negara Iriana Jokowi sempat jadi trending topik di Twitter tiba di kota Kyiv dengan selamat bersama rombongan kecil presiden Jokowi. Sebelumnya, ada banyak Netizen yang mempertanyakan tujuan Iriana Jokowi hadir mendampingi suaminya Presiden Jokowi ke Ukraina.

Apalagi itu bukan kunjungan biasa karena dilakukan di tengah peperangan Ukraina vs Rusia. Situasi kesalamatan ibu negara dikhawatirkan berpengaruh kepada keselamatan presiden Jokowi dan rombongan.

 

Lebihi Ibu Tien

Ada pengamat militer Indonesia yang menilai keberanian Ibu Iriana ini bahkan melebihi Ibu Tien Soeharto, saat Presiden kedua RI Soeharto kunjungi Bosnia pada tahun 1995.

Kesertaannya ini makin menunjukan Presiden Jokowi kepada dunia internasional, kepala negara yang nyata punya keberanian bertindak. “Presiden Jokowi sangat berani karena mengajak Ibu Iriana memasuki suatu negara yang dilanda perang. Risikonya sangat tinggi, tapi tetap mantap masuk,” tutur Direktur Lembaga Strategi Inteligensia Indonesia Ridlwan Habib, Rabu (29/6/2022).

Ridlwan juga menilai Iriana adalah sumber kekuatan dan kemantapan hati seorang Presiden dalam melangkah. Dalam terminologi Jawa, istri disebut ‘garwa’, sigaraning nyawa, separuh nyawa. “Maka wajib diajak sebagai sumber kekuatan,” kata Ridlwan.

Menurut Ridlwan, ikut serta Iriana ke Ukraina patut diapresiasi. “Ini merupakan simbol diplomasi damai atau soft diplomacy dari Pak Jokowi. Untuk menunjukkan bahwa Indonesia beriktikad baik dengan simbol mengajak istri atau ibu negara,” ucap Ridlwan Habib, Rabu (29/6/2022) dikutip dari Kompas.TV.

Dari sisi keibuan atau sisi kewanitaan, tambah Ridlwan, Ibu Negara identik dengan makna damai, lembut, dan anti-kekerasan. “Maknanya dalam, karena menonjolkan sisi diplomasi lembut seorang Ibu,” ucapnya.

 

Menghadap Meja Berisi Buah

Dalam video singkat ini, Jokowi terlihat berada di dalam sebuah ruangan khusus. Ada semacam meja makan berisi buah-buahan dan air mineral. Termasuk sebuah sofa.

Jokowi terus duduk memandang meja. Dia sempat terlihat ke arah kamera dan akhirnya melempar senyum. Beda dengan Iriana yang memilih mondar-mandir sambil sesekali melirik ke jendela. Sementara ibu Iriana, mengagumi dinding kereta dan kordin jendela yang juga mewah.

Perjalanan Jokowi ke Ukraina ini menggunakan kereta dibagikan di akun Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu (29/6/2022).

Pada video yang dibagikan, terlihat Jokowi menggunakan jaket berwarna biru ditemani istrinya Iriana Jokowi yang juga menggunakan cardigan berwarna biru. Sejumlah Paspampres dan petugas keamanan bersenjata lengkap mengawal sejak dari Polandia. Mereka terlihat berjaga di sekitar Jokowi. Jokowi dan Iriana naik ke kereta yang dioperasikan dengan listrik .

Penampilan dalam kereta yang sangat mewah ini mengambarkan gaya eropa klasik yang dihiasi furniture berwarna emas.

 

Kereta Mewah

Dilihat dari akun Twitter Setkab, kereta ini didominasi warna emas. Sangat terlihat kereta ini mewah. Jokowi dan Iriana naik dark peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, tepatpukul sembilan malam. “Saya dan rombongan terbatas berkereta menuju Kyiv, Ukraina," tulis Presiden Jokowi di akun Twitternya Rabu (29/6).

"Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik. Semoga dimudahkan," sambungnya.

Dengan pengawalan ketat Presiden Joko widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menaiki kereta luar biasa menuju ibu kota Ukraina, Kyiv.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Seskab Pramono Anung ikut dalam rombongan. Namun mereka naik gerbong yang terpisah oleh Jokowi.

Presiden Jokowi akan dijadwalkan akan bertemu pemimpin masing-masing negara, yakni Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Pertemuan diperkiraan waktu pertemuan pada tanggal 29—30 Juni 2022.

 

Penegasan Menlu

Presiden menggunakan Kereta Luar Biasa yang sudah disiapkan oleh pemerintah Ukraina sebagaimana dipakai pula oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu. Presiden dan rombongan tiba di Kyiv, ibu kota Ukraina Rabu kemarin.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima di munich, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Presiden Jokowi berangkat ke Ukraina melalui Polandia. Menlu Retno mengaku masih terus menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia.

"Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia. Saya juga melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Bapak Presiden ke Ukraina dan ke Rusia. Tentunya komunikasi ini terus kita lakukan dengan Ukraina dan Rusia sendiri," kata Menlu.

Presiden Jokowi dan Iriana yang berada di dalam kereta. Kereta ini memang disiapkan khusus pemerintahan Ukraina untuk mengantar para pemimpin negara yang mau mendukung Volodymyr Zelensky melawan Rusia. Negara terdekat yang bisa menjangkau Ukraina adalah Polandia.

Dengan situasi yang masih gawat, kereta api memang jadi opsi tunggal mencapai Ukraina. Dalam situasi peperangan, tidak mungkin ada pesawat VVIP yang melintasi langit Ukraina.

Di dalam kereta ini, Jokowi dikawal dari otoritas keamanan Polandia dan Paspampres. Presiden Jokowi dan rombongan berangkat dari Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia.

 

Paspampres Kawal Ketat

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) terus melakukan pengawalan ketat terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana di Ukraina. Dimana pun Jokowi dan Iriana, berada.

Dalam unggahan video dari chanel YouTube Sekretariat Presiden, tampak jelas Paspampres membawa senjata lengkap untuk mengawal orang nomor satu di Indonesia itu. Dari unggahan video itu, Paspampres menggunakan pelindung kepala, rompi antipeluru, serta membawa senjata laras panjang.

Sebelumnya Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengungkapkan Pelindung kepala dan rompi antipeluru juga akan dikenakan Jokowi dan delegasi selama berada di Kiev.

 

Tinjau Apartemen di Irpin

Rabu siang waktu Ukraina,Presiden Joko Widodo, bersama Ibu Negara Iriana meninjau kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Lokasi tampak hancur karena mengalami serangan bom Rusia. Bangunan itu tak lagi utuh, terlihat di sekitar dinding gedung gosong. Gedung itu terlihat ringsek dan bagian atapnya hancur.

Presiden dan Iriana didampingi Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin saat melihat puing-puing bangunan apartemen yang rusak akibat perang.

 

“Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” ucap Presiden Jokowi seusai peninjauan.

Presiden Jokowi berharap perang bisa segera dihentikan. “Kami harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang,” ujar Presiden Jokowi. n km/set/sk/erc/rmc