Idul Adha 1443 H, Mas Dito Kurban Seekor Sapi Simental

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 11 Jul 2022 19:29 WIB

Idul Adha 1443 H, Mas Dito Kurban Seekor Sapi Simental

i

Mas Dito gendong Shanaya melihat sapi kurban yang akan disembelih

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Semua umat muslim hari ini, Minggu 10 Juli 2022 tengah berbahagia merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H. Begitu pula keluarga Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang mengurbankan satu ekor sapi jenis simental.

Usai mengikuti sholat Idul Adha di masjid dekat rumahnya komplek Perumahan Budaya Cipta, Ngasem, Mas Dhito bersama istri Eriani Annisa Hanindhito menggandeng Shanaya, anak semata wayang untuk menengok sapi yang telah disiapkan untuk dikurbankan.

Baca Juga: Kunjungi Bandara Dhoho Kediri, Mas Dhito Ajak Kepala Daerah Selingkar Wilis Bangun Jalan Non Tol

Digendong bapaknya, Shanaya pun terlihat senang melihat Boni, sapi jenis simental yang ada di depannya. Bahkan, karena terlalu lama melihat sapi, Mas Dhito sampai menggunakan syal milik istrinya untuk melindungi kepala anaknya dari paparan sinar matahari.

"Naya bingung kenapa sapinya mau dipotong, padahal sudah dikasih nama sama dia," kata Mas Dhito.

Baca Juga: Mas Dhito Sebut Batik Kediri Siap Masuk Kancah Nasional

Mas Dhito bersama istri saat itu terlihat memberikan pengertian kepada anaknya. Mereka mencoba mengajarkan sejak dini kepada anaknya supaya mengerti makna berkurban.

"Kita memberikan pendidikan sejak dini bahwa dalam Islam ada Idul Adha dimana umat muslim bagi yang merasa mampu diwajibkan untuk berkurban baik itu kambing, sapi, domba apapun yang masuk syarat kurban," terangnya.

Baca Juga: Keroncong Svaranusa 2023, Mas Dhito Berharap Ekosistem Musik di Kediri Bisa Bertumbuh

Usai melihat Boni, sapi yang akan dikurbankan, Shanaya pun diajak ibunya ke rumah, sedang Mas Dhito menunggu proses penyembelihan. Proses penyembelihan sapi dengan berat hampir 800 kilogram itu dilakukan oleh petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri bersama warga sekitar. 

Usai disembelih, daging sapi diperiksa dan dinyatakan sehat. Setelah dibagi dalam besek anyaman bambu, daging sapi kemudian didistribusikan panitia kepada warga. kominfo

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU