Ijazah Akademik Tak Kunjung Terbit, Orang Tua Mahasiswa Minta Tanggung Jawab Poltera

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 10 Jan 2023 14:52 WIB

Ijazah Akademik Tak Kunjung Terbit, Orang Tua Mahasiswa Minta Tanggung Jawab Poltera

i

Suasana wisuda Poltera Kabupaten Sampang.

SURABAYAPAGI.COM, Sampang - Salah satu orang tua mahasiswa program studi (Prodi) Keperawatan, Politeknik Negeri Madura (Poltera) asal Pamekasan melayangkan keluhan. Pasalnya, ijazah mahasiswa angkatan 2019 yang telah menjalankan prosesi wisuda pada 24 September 2022 masih belum terbit.

Kampus Poltera yang beralamat di Jalan Raya Taddan Km. 4 Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang itu masih memiliki tanggung jawab penuh untuk menyelesaikan surat tanda kelulusan atau ijazah akademik mahasiswa Prodi Keperawatan yang belum terbit.

Baca Juga: Plt Staf Ahli Dapat Sanjungan Jiwa dari H Slamet Junaidi

Bahkan, kampus Poltera dinilai belum memberikan informasi lebih lanjut tentang kepastian dan upaya untuk penyelesaian ijazah akademik yang menjadi hak mahasiswa lulusan prodi Keperawatan angkatan 2019.

"Saya merasa prihatin dan sangat kasihan terhadap anak yang telah menjalankan prosesi wisuda di kampus Poltera pada tahun akademik 2022 lalu. Namun, dokumen surat tanda kelulusan atau ijazah akademik tidak kunjung terbit," ujar orang tua mahasiswa yang berinisial SF, Selasa (10/1/2023).

Pihaknya meminta kampus Poltera agar segera menyelesaikan dokumen surat kelulusan atau penerbitan ijazah milik para mahasiswa prodi Keperawatan yang belum keluar sejak beberapa bulan lalu.

"Ijazah akademik tidak keluar dari kampus Poltera, tentu dapat dipastikan anak saya menjadi korban dan belum bisa mengajukan lamaran pekerjaan sesuai dengan jurusan yang diambil. Sebab, kendala utama tidak memiliki surat kelulusan atau ijazah pendidikan akhir," lanjutnya.

Baca Juga: Diduga Nothing Jiwa Kepemimpinan Pj Bupati Sampang

Demi menjaga reputasi dunia kampus dan menghilangkan keluhan dari para mahasiswa maupun masyarakat, kampus Poltera diminta untuk profesional dalam membangun pendidikan sebagai tujuan memperkuat dan meningkatkan kualitas akademik supaya tetap menjadi rujukan calon mahasiswa baru ke depan.

"Poltera harus tegas dan memberikan kepastian terhadap mahasiswa melalui informasi kapan ijazah bisa diambil. Walaupun ada kendala, mahasiswa perlu diberi tahu supaya dengan jelas supaya mereka tidak selalu kecewa menunggu," katanya.

Senada dengan mahasiswa prodi Keperawatan, mahasiswa lain Poltera ada yang mengaku telah mengikuti prosesi wisuda. Namun, belum menerima surat kelulusan atau dokumen ijazah akademik.

Baca Juga: Dampak Kinerja H Slamet Junaidi, Alumni Al-Azhar Mesir Mendukung Dua Periode

"Saya sendiri, sampai sempat berpikir harus komunikasi bagaimana dengan kampus. Tetapi selama menunggu belum ada tanda-tanda jika ijazah akan segera keluar," ungkapnya.

Hingga berita diterbitkan, pihak kampus belum memberikan respon untuk menjelaskan tentang persoalan ijazah mahasiswa prodi Keperawatan yang belum keluar dan menjadi keluhan bagi masyarakat. Sekalipun, Surabayapagi telah mencoba berkomunikasi dengan Direktur Poltera, Laily Ulfiyah, M.T. gan

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU