IKA PMII Dikukuhkan, Gus Muafiq Pengajian Kebangsaan

Pengurus IKA PMII saat berpose bersama bupati dan wabup. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Ikatan Alumni  Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Cabang Lamongan, Rabu (16/6/2021) resmi dikukuhkan oleh Ketua PW IKA PMII Jawa Timur Drs. H. Amin Said Husni, di Pendopo Lokatantra.

Pengukuhan pengurus periode 2021-2026 ini cukup istimewa, karena selain bertempat di Pendopo Lokatantra, pengukuhan juga dihadiri oleh bupati, wakil bupati, ketua DPRD dan forkopimda, dan juga hadir kiai kondang asli Lamongan yang menetap di Yogyakarta KH. Ahmad Muafiq, yang didapuk untuk memberikan pengajian kebangsaan.

Dalam pengajian kebangsaan, Kiai Muda yang biasa dipanggil Gus Muafiq ini meminta IKA PMII untuk tidak gampang terjebak dalam permainan opini yang terus menyerang pemerintah tanpa dasar keilmuan. "Mengkritisi pemerintah boleh saja asal ada ilmunya, bukan lantas asal serang apalagi didasari kebencian,"terangnya.

Ia lalu mencontohkan beberapa waktu lalu sekelompok masyarakat menyerang pemerintah dalam hal ini Menteri Agama soal haji, seolah-olah pemerintah tidak becus memperjuangkan haji. 

"Narasi yang dibangun sangat kelihatan kalau mereka asal omong tanpa memperdulikan situasi yang ada, dan karena benci dengan pemerintah, padahal apa yang dilakukan oleh pemerintah sudah tepat dalam urusan haji," terangnya.

Sementara itu,  Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam sambutanya mengharapkan, peran serta PMII dan Ikatan Alumni PMII (IKA PMII) Lamongan untuk memberikan masukan, dorongan dan idealismenya dalam membantu pemulihan dan kebangkitan ekonomi Kabupaten Lamongan.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya keahlian dari teman-teman PMII dan IKA PMII Lamongan bersama-sama di dalam memulihkan ekonomi di tengah gelombang Covid-19 yang baru,” ujarnya.

Sebelum pandemi Covid-19, jelas Pak Yes sapaan Yuhronur Efendi, pertumbuhan ekonomi di Lamongan mengalami kenaikan mencapai 5,5 persen. Namun saat ini, aku Pak Yes, pertumbuhan ekonominya minus 2,65 persen. 

"Meski demikian untuk sektor-sektor tertentu seperti pertanian dan UMKM masih bisa bertahan. Untuk itu pertama yang harus kita fokuskan bersama adalah membangkitkan dan menggairahkan UMKM kembali,” katanya. 

Sementara itu, Ketua IKA PMII Lamongan Miftach Alamuddin mengungkapkan, PMII, kader PMII dan IKA PMII Lamongan sepakat untuk membantu dan bersinergi dengan Pemkab dalam pemulihan ekonomi di Lamongan. Karena, ia meyakini, pengurus yang telah dilantik tersebut terdiri dari beberapa elemen dan memiliki keahlian masing-masing.

“Kami telah bersepakat untuk membentuk dan mendeklarasikan Relawan Gerakan Bangkit Ekonomi Kabupaten Lamongan. Dan membentuk pilot project yang ada di beberapa desa yang telah disepakati oleh sahabat-sahabat untuk bersama-sama membantu Pemkab Lamongan,” aku Mifta Alamudin. 

Udin sapaan akrab Miftach Alamuddin menyampaikan, pelantikan ini merupakan momentum kebersamaan seluruh Keluarga Besar IKA PMII Lamongan tanpa terkecuali. Menurutnya, pelantikan itu bukan untuk memenjarakan sikap kritis para sahabat tetapi kebulatan tekad untuk merajut kekuatan bersama bersinergi dengan Pemkab Lamongan. 

“Agenda ini bukan dalam rangka memenjarakan sikap kritis sahabat-sahabat kita tapi dalam rangka untuk mendekatkan lagi sinergitas PMII dan IKA PMII dengan Pemkab Lamongan,” pungkasnya. jir