Imigrasi Samarinda Studi Tiru Kiat WBK di Imigrasi Perak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Mar 2021 16:04 WIB

Imigrasi Samarinda Studi Tiru Kiat WBK di Imigrasi Perak

i

Foto bersama jajaran imigrasi. SP/SAMMY MANTOLAS

SURABAYAPAGI, Surabaya - Kantor imigrasi (Kanim) kelas I TPI Samarinda melakukan kunjungan kerja di kanim kelas I Tanjung Perak, Selasa (16/03/2021).

Menurut Kepala sub seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Tanjung Perak Ronald Mubarak, kunjungan tersebut berkaitan capaian imigrasi Tanjung Perak yang berhasil meraih zona integritas dengan kategori Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sejak akhir 2019 lalu.

Baca Juga: Permudah Layanan, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Blitar Lakukan Gebrakan Layanan "Drive Thru"

"Mereka datang ke kantor untuk studi tiru, bagaimana kiat-kiat untuk mendapatkan WBK. Karena kita sudah capai WBK sejak tahun lalu," kata Ronald Mubarak

Adapun studi yang akan ditiru adalah berkaitan layanan pemohon, sumber daya manusia serta inovasi-inovasi terbarukan yang dilakukan oleh imigrasi Tanjung Perak.

"Sebelumnya kita sudah lakukan banyak inovasi. Inovasi-inovasi yang ada itu, yang mendorong kita agar mendapatkan WBK. Jadi apa yang sudah kita capai ini, kita berbagai dengan mereka," ucapnya

Baca Juga: Dirjen Imigrasi Baru yang Kaya, Janji Ikut Lacak Harun Masiku

Salah satu layanan yang diterapkan di imigrasi Tanjung Perak adalah layanan dengan pendekatan care atau person to person.

"Jadi orang datang, kita tanyakan satu per satu keperluannya apa, kalau ada berkas yang kurang lengkap akan kita bantu," katanya

Dalam membantu kepengurusan berkas pemohon, pihaknya telah menyediakan coworking space yang dilengkapi dengan printer, seperangkat komputer dan jaringan internet.

Baca Juga: Jumlah Permohonan Paspor Meningkat Tajam, Capai Lebih dari 200 Persen

Tak hanya itu fasilitas lain seperti zona main anak, pojok kopi dan ruang baca juga disediakan guna membantu masyarakat nyaman tatkala melakukan pengurusan paspor atau pengurusan lainnya.

"Jadi kita sistemnya itu melayani. Karena slogan kita itu MANTAP, Melayani Tanpa Pamrih," pungkasnya. sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU