Home / Peristiwa : Lantik 638 Bintara Polri Baru

Ini 5 Pesan Kapolda Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 21 Des 2022 19:05 WIB

Ini 5 Pesan Kapolda Jatim

i

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni secara langsung melantik 638 Bintara Polri baru. SP/Ariandi

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Toni Harmanto M.,H bersama pejabat utama Polda Jatim, Rabu (21/12/2022) menutup Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri baru gelombang II Tahun Anggaran 2022, di Sekolah Polisi Negara (SPN) Mojokerto.

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni yang juga sebagai Inspektur upacara secara langsung melantik 638 Bintara Polri baru yang telah dinyatakan lulus setelah mengikuti pendidikan selama 5 bulan, mulai bulan Agustus hingga bulan Desember 2022, di SPN Polda Jatim.

Baca Juga: Sekdaprov dan Mantan Kapolda Masuk Bursa Calon Pj Gubernur Jatim

Dalam kesempatan itu pula, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto menyampaikan ucapan selamat kepada para Bintara remaja Polri, yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan selama 5 bulan. 

"Waktu pendidikan yang cukup singkat. Oleh karena itu teruslah bekali kemampuan saudara-saudara dengan belajar, belajar dan terus belajar," tutur Irjen Toni.

Menurut Kapolda Jatim, kata sejatinya hidup itu merupakan pembelajaran yang panjang dan tidak pernah berhenti. 

"Penutupan pendidikan ini bukanlah akhir dari perjalanan, akan tetapi menjadi awal dari pengabdian kepada masyarakat dan bangsa Indonesia, dengan berbagai tantangannya," ucap Kapolda Jatim dalam amanatnya. 

Kapolda Jatim juga mengucapkan selamat kepada para orang tua, atas keberhasilan Putra dan Putrinya menjadi Bintara remaja Polri yang baru saja dilantik. 

"Mari kita terus memberikan doa dan dukungan agar anak-anak kita dapat menjalankan tugas sebagai Polisi yang baik, melayani dan melindungi rakyat dengan sepenuh hati, serta mencintai negerinya dengan jiwa raganya," tambahnya. 

 

Lebih lanjut Kapolda Jatim juga menyampaikan, hakikat pendidikan dalam membentuk anggota Polri bukan saja memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan pada tugas umum, Brigade Mobil dan Polair semata. 

Namun lebih dari itu, yang utama dan pertama adalah, membentuk anggota Polri yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan, memiliki Akhlak yang mulia, karena sesungguhnya pendidikan itu untuk memuliakan manusia.

 

Baca Juga: Jatim Siapkan Pasukan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi

Selain itu, Irjen Pol Toni Harmanto juga mengajak para Bintara remaja Polri untuk menyongsong kemuliaan dengan mencintai tugas yang diberikan menjadi sebuah kehormatan, untuk selalu ingin berbuat yang terbaik kepada warga dan selalu ingin membuat bangga kepada bangsanya.

Irjen Toni menegaskan kepada Bintara yang baru dilantik dan telah mengucapkan sumpah, bersedia akan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai keberagamannya. 

Kapolda Jatim juga memberikan lima pesan kepada para remaja Bintara Polri yang baru dilantik, untuk dipedomani dan dilaksanakan sebagai bekal memasuki tugas di lapangan, yaitu:

 

1. Tingkatkan selalu keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai pedoman dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas. 

 2. Pegang teguh dan amalkan nilai-nilai Tribrata dan catur prasetya dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan Bhayangkara. Jaga nama Polri dan junjung tinggi panji-panji Tribrata. 

Baca Juga: Bupati Blitar Dampingi Kapolda Jatim Meresmikan Lahan Pertanian dan Peternakan

 3. Senantiasa bangun komunikasi positif dan santun dengan masyarakat, serta perkuat sinergitas dan soliditas dengan rekan-rekan TNI, pemerintah daerah, serta seluruh komponen bangsa lainnya, guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif. 

 4. Tingkatkan seluruh kemampuan dan pengetahuan untuk mengembangkan diri, agar tidak tertinggal oleh perkembangan situasi dan kondisi saat ini dan yang akan datang. 

5.  Polisi adalah kita, kita adalah Polisi, maka jadilah sosok panutan dan teladan bagi masyarakat.

 

"Pedomani dan laksanakan lima hal tersebut," pungkas Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto. Ari

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU