Ini Cara Hotel Bali Peneleh Atasi Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 14 Des 2020 18:07 WIB

Ini Cara Hotel Bali Peneleh Atasi Covid-19

i

Caption : Umat hindu bali mengadakan ritual Tilem Ke Enem. SP/RIA S

SURABAYA PAGI, Surabaya - Hotel Bali Peneleh menyelenggarakan upacara Tilem Ke Enem dalam rangka untuk keselamatan keluarga dan para karyawan hotel dimasa-masa sekarang ini.

"Sekarang ini kan adalah masa perubahan musim dari panas ke hujan dan banyak muncul penyakit, istilahnya upacara ini adalah untuk suguhan kepada buta kala, secara kasarnya buta kala diibaratkan adalah seekor lalat dan lalat ini lah yang kita suguhkan makanan agar dia (lalat) ini tahu, itu lho makanannya." terang I Made Joni Subawa, Pemilik hotel Bali saat ditemui oleh wartawan Surabaya Pagi, Senin (14/12/2020).

Upacara ini adalah upacara rutin yang diselenggarakan oleh pihak hotel dan sudah 10 kali dilaksanakan. Pelaksanaannya berpatokan pada kalender Bali dimana hari ini tepat merupakan bulan 6 peteng dan termasuk waktu yang bagus untuk melakukan upacara.

Baca Juga: Ada Kemungkinan Akhir 2022, PPKM Berhenti

Upacara ini diselenggarakan dari mulai pukul 12.00 WIB waktu setempat dan selesai pukul 13.38 WIB. Perbedaan diantara upacara-upacara rutin sebelumnya yaitu karena pada masa pandemi ini.

Baca Juga: Riset: Tumbuhan Pegagan Embun Bisa Cegah Infeksi Covid-19

Jadi suguhan buta kala ini bisa disebut juga sebagai upaya mengatasi virus covid-19 saat ini dan memohon kepada Tuhan agar virus-virus ini segera pergi dan masyarakat bisa beraktifitas normal kembali.

 Selain itu, untuk upacara sembahyangan rutin hindu setiap harinya juga dilaksanakan oleh para umat hindu yang bekerja di hotel Bali tersebut, jadi tidak hanya hari baik seperti hari ini saja.Ria

Baca Juga: Kasus Omicron XBB Terus Naik, Menkes Budi Tenangkan Warga

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU