Ini Dia Sosok Ayumi Putri Sasaki, Sang Pembawa Baki pada Upacara Penurunan Bendera

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 18 Agu 2022 09:50 WIB

Ini Dia Sosok Ayumi Putri Sasaki, Sang Pembawa Baki pada Upacara Penurunan Bendera

i

Ayumi Putri Sasaki

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Ayumi Putri Sasaki berhasil terpilih menjadi pembawa baki bendera dalam upacara penurunan bendera merah putih di Istana Merdeka Rabu (17/8/2022) sore. Ayumi merupakan putri daerah asal Banyuwangi dan perwakilan Paskibraka dari Provinsi Jawa Timur.

Ayumi tergabung dalam Tim Pancasila Sakti bersama tiga orang yakni Arnold Steven Sinaga, sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Sulawesi Tenggara; Isra Mashel Arifin sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Banten; dan Muhammad Rajwa Al Farizi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Satgas TMMD Bersama Anak-anak Ikut Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77 Tahun 2022

Perempuan blasteran Jepang-Indonesia itu lahir pada 3 Agustus 2005 di Banyuwangi dan memiliki tinggi 169 cm. Ayumi mulanya tidak menyangka akan terpilih menjadi anggota paskibra nasional yang bertugas di Istana Negara Jakarta. Namun berkat kemampuan serta doa orangtua, dia mampu menjadi anggota Paskibraka Nasional yang membawa baki bendera merah putih.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani merasa bangga Ayumi mampu menorehkan prestasi di kancah nasional.

"Bangga dan haru, Ayumi bisa tampil istana dengan prestasinya masing-masing yang sangat membanggakan. Selamat untuk Ayumi," ujar Ipuk.

Baca Juga: Bank Indonesia Resmi Luncurkan Tujuh Uang Rupiah Kertas Baru Tahun Emisi 2022

Upacara penurunan Sang Merah Putih di Istana ini disiarkan secara virtual lewat akun YouTube Sekretariat Presiden. Sebelum upacara penurunan bendera dimulai, para undangan disuguhi paduan suara, atraksi drum band dan tarian tradisional dari Papua.

Sementara pada pagi harinya, petugas yang membawa bendera untuk dikibarkan adalah I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi asal SMA Negeri 2 Kudus, Jawa Tengah.

Pemerintah kabupaten Banyuwangi juga memberikan banyak dukungan kepada Ayumi yang bertugas sebagai Paskibraka Nasional pada HUT RI ke-77 di Istana Negara.

Baca Juga: Peringatan HUT RI ke-77, Ketua DPRD Surabaya Beberkan Alokasi APBD 2023 Kota Surabaya

"Prestasi Ayumi menjadi kebanggaan Banyuwangi. Dia berhasil membawa nama baik Provinsi Jatim bahkan Kabupaten Banyuwangi di kancah nasional sebagai pembawa baki penurunan bendera merah putih," ungkapnya.

"Semangat untuk Ayumi, terima kasih telah membawa nama baik Banyuwangi. Terima kasih telah melaksanakan tugas dengan baik," tambahnya. bny

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU