Ini Penyebab Ledakan Mirip Bom di Kota Mojokerto

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 12 Sep 2021 13:21 WIB

Ini Penyebab Ledakan Mirip Bom di Kota Mojokerto

i

Tim Bidlabfor dari Polda Jatim dan Polresta Mojokerto melakukan penyelidikan rumah di Jalan Karyawan Baru, Kelurahan Sentanan, Kecamatan Magersari. SP/Dwy AS

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Polisi akhirnya memastikan ledakan besar sebuah rumah di Jalan Karyawan Baru, Kelurahan Sentanan, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto bukan bom.

Baca Juga: Polda Jatim: Angka Laka Lantas Turun 43 Persen

Penyebab ledakan rumah milik Oentoro Wibowo ini dipicu dari kebocoran tabung bright gas berukuran 12 kilogram.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kasatreskrim Polresta Mojokerto Iptu Hari Siswanto usai olah tempat kejadian perkara (TKP) dan berdasarkan hasil penyelidikan Tim Bidlabfor Polda Jatim.

Kepada media, ia menjelaskan, tabung gas mengalami kebocoran, terlihat saat penyelidikan di nis regulator terdapat balutan atau bekas perbaikan. Dari sinilah kebocoran terjadi, hingga terpantik api dan menimbulkan ledakan.

"Hasil yang didapat dari tim, ledakan ini bersumber dari tabung kebocoran LPG yang dipicu percikan api otomatis pompa air," terangnya.

Hari menjelaskan, dugaan itu diperkuat dengan kesaksian Riky Wibowo, anak pemilik rumah. Jika setiap satu jam saja sekali switch presure otomatis mesin air aktif. Posisi gas elpiji Bright Gas berwarna merah muda dengan isi 12 kilogram itu berada tak jauh dari alat pompa air.

Baca Juga: Ratusan WBP Lapas Mojokerto Terima Remisi Khusus Idul Fitri

Berkisar hanya satu meter saja. Sehingga, kebocoran yang terpantik api memicu terjadinya ledakan hebat hingga merusak bagian dinding dapur, kaca jendela rumah, atap genteng, dan pintu rusak bahkan terpental.

"Tiap satu jam kata anaknya sanyo nyetek. Nah, ada picuan dari switch presure alat otomatis pompa air yang mengeluarkan percikan api," kata Hari.

Hari memastikan, anak korban Riky pada saat kejadian yang juga berada di lantai dua masih dalam kondisi bermain youtobe. Sehingga, mengetahui pasti ledakan itu. Saat ini, ketiga penghuni rumah sudah berada kembali di dalam rumah. Lantaran, para korban tak mengalami luka apapun.

Baca Juga: Polda Jatim Tetapkan 3 Selebgram Sebagai Tersangka Kasus Investasi Bodong

"Pemiliknya ada di rumah kok, di lantai dua. Soalnya tidak ada yang luka. Jadi tidak ada korban jiwa atas kejadian ini," ucapnya.

Guna pemeriksaan lebih lanjut, dari hasil olah TKP polisi mengamankan satu tabung gas elpiji Bright Gas 12 kilogram, selang, nis regulator, dan kompor gas.

"Kita amankan dulu, kondisi selang, dan nis regulatornya utuh. Saat diamankan, tabung gas masih berisi," ujarnya. dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU