Inovasi, Kunci Sukses UMKM Binaan SIG di Masa Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Feb 2021 16:14 WIB

Inovasi, Kunci Sukses UMKM Binaan SIG di Masa Pandemi

i

Muhammad Jefri, pemilik usaha Ramli Collection. SP/M.AIDID

SURABAYAPAGI.COM, Gresik – Pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh sektor usaha, hal ini mengharuskan pelaku UMKM melakukan inovasi agar bisa bertahan dan berkembang.

Berinovasi itulah yang dilakukan Ramli Collection, produsen baju koko dan peci asal Jalan Sindujoyo Gresik, salah satu UMKM mitra binaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), yang rutin melakukan inovasi sehingga usahanya bisa bertahan sampai saat ini.

Baca Juga: Perajin Kaligrafi di Tulungagung Banjir Pesanan, Tembus Qatar dan Amerika

Muhammad Jefri, pemilik Ramli Collection mengatakan, sejak pandemi Covid-19 permintaan baju koko dan peci menurun tajam. Kondisi ini, justru memicunya untuk melakukan inovasi atas produknya.

“Inovasi kami adalah menghadirkan produk baru peci dengan lampu LED untuk anak-anak. Baju koko produksi kami juga menyesuaikan model kekinian yang digemari kalangan milenial,” ujar Muhammad Jefri.

Diakui Jefri, hadirnya produk baru ini disambut baik pasar karena baru pertama di Indonesia. Untuk menunjang produk, pihaknya gencarkan program belanja secara online.

Baca Juga: Dipenuhi Kejanggalan, Saksi Perampokan Tragis di Desa Imaan Gresik Ditemukan Tewas di Kebun Jagung

“Konsumen cukup mendownload aplikasi store kami, melalui handphone atau melalui platform e-commerce kami yang lain,” kata Muhammad Jefri.

Ramli Collection menjadi mitra binaan SIG sejak tahun 2018, dan sudah tiga kali diajak mengikuti pameran. Lahir sebagai usaha keluarga pada tahun 1975. Ramli Collection sampai sekarang masih bertahan memproduksi baju koko dan peci.

“Sekarang Ramli Collection telah memiliki beberapa toko di Jakarta, Surabaya, Malang, Madura, Sidoarjo, Jember dan beberapa kota di Sumatera,” ujar Jefri bangga.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

General Manager of CSR SIG, Edy Saraya mengatakan, UMKM merupakan usaha berbasis ekonomi masyarakat yang memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

“Kami berupaya mendorong UMKM mitra binaan, untuk bertahan bahkan berkembang di masa pandemi Covid-19, dengan melakukan inovasi produk serta memberikan kemudahan bertransaksi bagi konsumennya,” kata Edy Saraya. did

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU