Inovasi Layanan, Kemenkumham Jatim Buat 'E-Bon' dan 'E-Pindah Napi'

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 12 Sep 2021 13:42 WIB

Inovasi Layanan, Kemenkumham Jatim Buat 'E-Bon' dan 'E-Pindah Napi'

i

Kakanwilkumjam Jatim Krismono saat melakukan pengecekan lapas di Madiun, beberapa waktu lalu. SP/ANT JATIM

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Jawa Timur  (Jatim), membuat terobosan ragam inovasi di era digitalisasi. Iovasi ini berupa layanan dalam jaringan untuk kebutuhan pinjam (bon), dan pindah narapidan.  Kedua layanan itu diberi nama "e-Bon" dan "e-Pindah Napi".

e-Bon dan e-Pindah Napi dibuat untuk mempercepat alur birokrasi, karena selama ini masih menggunakan surat."Lebih praktis dan cepat, sehingga tidak diperlukan tatap muka" ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono dalam keterangan tertulis pada Sabtu (11/9/2021),

Baca Juga: Puluhan Napi di Rutan Trenggalek tak Masuk DPTb

Menurutnya, inovasi itu dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan wewenang karena proses bon dan pindah narapidana sifatnya sangat rahasia, sehingga hanya yang berwenang saja yang bisa mendapatkan informasi tersebut.

Baca Juga: Pertama di Industri Semen, Produksi White Clay di SIG Raih Hak Paten dari Kemenkumham

Dia menegaskan, data aman dan tidak bocor.Selain itu, e-Bon dapat digunakan untuk aparat penegak hukum (APH) seperti kepolisian daerah dan kejaksaan. "Ini bentuk sinergi kita dengan instansi lain," kata Krismono.

Baca Juga: Tes CPNS Kemenkumham Disusupi Joki

Dia menambahkan, inovasi ini juga sebagai wujud proses Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Sb6/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU