Inovatif, DPRD Kota Kediri Bacakan Penjelasan 2 Raperda Inisiatif

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Mei 2023 16:57 WIB

Inovatif, DPRD Kota Kediri Bacakan Penjelasan 2 Raperda Inisiatif

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kediri menyampaikan dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif legislatif pada rapat paripurna yang digelar Jumat (19/5/2023).

Raperda inisiatif tersebut disampaikan oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Kediri. Adapun Raperda usulan Bapemperda DPRD Kota Kediri yaitu Raperda tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan Raperda tentang penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

Baca Juga: DPRD Gelar Paripurna Penjelasan Pengajuan LKPJ Tahun Anggaran 2023 Kota Kediri

Penyampaian dua Raperda tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Kediri Gus Sunoto.

Kemudian untuk Raperda tentang penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas disampaikan bahwa pemerintah daerah wajib melakukan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Baca Juga: Seniman Pecut Kediri Demo di Depan DPRD Kota Kediri

“Dalam raperda ini diharapkan dapat terwujud keadilan dan perlindungan hukum, pendidikan, pekerjaan, kewirausahaan dan koperasi, kesehatan, politik, keagamaan, keolahragaan, pariwisata dan seni budaya tentang penyendang disabilitas,” ujar Ketua DPRD Kota Kediri Gus Sunoto.

Selanjutnya, terkait Raperda Kota Kediri tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial bahwa pemerintah daerah diinstruksikan menyusun dan menetapkan regulasi dalam mendukung kesejahteraan sosial masyarakat di wilayahnya.

Baca Juga: DPRD Sediakan Lift Permudah Akses Penyandang Disabilitas

“Kita tidak ingin kedepan masih ada permasalahan sosial di Kota Kediri, baik kualitas maupun kuantitas. Terlebih jangan sampai ada masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengakses sistem pelayanan sosial, serta tidak dapat menikmati kehidupan yang layak,” tegas pria politisi Partai Berlogo Banteng.

Rapat Paripurna dihadiri Walikota Kediri Abdullah Abi Bakar, Sekda Kota Kediri Bagus Alit dan unsur pimpinan DPRD Kota Kediri Ketua DPRD Kota Kediri Gus Sunoto beserta seluruh anggota DPRD Kota Kediri. Can

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU