Insentif 5 Penggali Makam Covid-19 di Sidoarjo Rp 1,2 Segera Cair, Besaran Insentif akan Ditinjau Ulang

Penggali kubur pemakaman covid-19 di Sidoarjo. SP/Sugeng Purnomo

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Kabar bahagia didapati 5 penggali makam di TPU Delta Praloyo, Sidoarjo. Pasalnya, insentif sebesar Rp 1,2 miliar akan segera cair.

"Rencananya bonus tersebut akan ditransfer ke rekening masing-masing, pada hari Senin (5/7) total sebesar Rp 1,25 milliar," ujar Bupati Sidoarjo Achmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor kepada wartawan, Minggu (4/7/2021).

"Bonus sebesar Rp 1,25 milliar itu akan dibagi lima orang, karena satu tim penggali itu berjumlah lima orang," jelas Gus Muhdlor.

Gus Muhdlor mengatakan, Rp 1,2 miliar itu merupakan bonus. Sementara gaji bulanan para penggali makam sudah terbayar secara rutin setiap bulannya.

“Untuk gaji bulanan sudah rutin diberikan kepada lima orang tersebut, tinggal insentifnya saja nanti kita hitung lagi dan segera kita transfer ke rekening masing - masing," ucap Gus Muhdlor.

Gus Muhdlor juga minta pengertiannya jika nanti ada perubahan insentif yang diterima mereka. Karena jumlahnya selama ini dinilai fantastis. Meski begitu, Gus Muhdlor menyadari tugas penggali makam Covid-19 tidak ringan. Penuh resiko seperti halnya para tenaga kesehatan di rumah sakit Covid-19. 

"Tugas mereka berat, seperti akhir - akhir ini saja sehari bisa sampai 20 lubang yang mereka siapkan. Jumlah itu untuk pemakaman satu hari. Tapi mereka semua komitmen dengan pekerjaannya," ucap Gus Mudhlor.

Sementara itu, salah satu penggali kubur Sukoyo mengaku lega bahwa bonus yang dinantikannya bisa segera cair. Ia juga membenarkan bahwa gajinya setiap bulan sebesar Rp 2,5 juta secara rutin telah terbayar.

"Kami bersama teman-teman merasa lega bahwa bonus yang diharapkan ternyata segera dicairkan. Kalau gaji setiap bulan selalu terbayar," tandas Sukoyo. sg