Insiden Laser Kasper Schmeichel, UEFA Denda Inggris Rp522 Juta

Kiper Timnas Denmark, Kasper Schmeichel saat terkena laser hijau fans timnas Inggris. SP/ UEFA

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) mendapat sanksi dari Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) lantaran insiden laser yang mengarah ke wajah kiper Timnas Denmark, Kasper Schmeichel di kala Timnas Inggris mengalahkan Denmark pada partai semifinal EURO 2020 di Stadion Wembley, Kamis dini hari WIB, 8 Juli 2021.

Kasper Schmeichel mendapat serangan sinar laser di wajahnya sebelum dia menyelamatkan penalti Harry Kane di perpanjangan waktu, meskipun Kane akhirnya mencetak gol melalui rebound untuk memberi Inggris kemenangan 2-1.

Kasper Schmeichel mengaku bahwa dirinya mendapat sorotan laser itu pada babak kedua. "Saya tidak mengalaminya ketika tendangan penalti karena itu (laser) berada di sisi belakang saya. Tapi saya mengalaminya pada babak kedua," ungkap Kasper Schmeichel, Minggu (11/7/2021).

Kiper Leicester City itu mengaku dirinya telah melaporkan kepada wasit atas insiden tersebut. "Saya mengatakannya kepada wasit, dan dia pergi untuk mengatakan sesuatu kepada asistennya," ujar Kasper Schmeiche.

Akibat insiden tersebut, Inggris didenda oleh UEFA sebesar €30,000 (sekitar Rp516 juta) gara-gara seorang fans nakal mengarahkan sinar laser ke Kasper Schmeichel pada laga semi-final Euro 2020.

UEFA juga menyebut denda tersebut sekaligus hukuman setelah fans Inggris mengejek lagu kebangsaan Denmark dan menyalakan ‘Flare’ sebelum pertandingan dimulai.

Selain itu, banyak penggemar sepakbola yang menyayangkan insiden tersebut. Dalam sebuah pernyataan, UEFA mengatakan telah mengumumkan keputusan hukuman tersebut melalui Badan Kontrol Etika dan Disiplin UEFA (CEDB).

"Badan Kontrol Etika dan Disiplin UEFA (CEDB) telah mengumumkan keputusan berikut: CEDB telah memutuskan untuk mendenda Asosiasi Sepakbola Inggris 30.000 pounds untuk penggunaan laser pointer, gangguan selama lagu kebangsaan dan pengaturan kembang api,” tulis UEFA dilansir dari Goal Internasional, Sabtu (10/7/2021).

Di sisi lain, Inggris berhasil lolos ke partai final setelah mengalahkan Denmark 2-1. Di laga pamungkas Piala Eropa 2020, The Three Lions akan menghadapi Italia di Stadion Wembley, pada Senin, 12 Juli 2021 pukul 02.00 WIB. Dsy3