Intensitas Hujan Mulai, Sebagian Wilayah Lamongan Terjadi Hujan Es

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 30 Nov 2023 17:48 WIB

Intensitas Hujan Mulai, Sebagian Wilayah Lamongan Terjadi Hujan Es

i

Selain terjadi hujan es, juga hujan yang disertai angin kencang merobohkan pohon asam di Di Dusun Patihan, Desa Sukorejo, Kecamatan Turi.  SP/MUHAJIRIN 

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Intensitas hujan di Lamongan terus terjadi. Tidak sekedar hujan, tapi juga disertai angin kencang. Terbaru malah sebagian wilayah terdapat hujan es batu, seperti yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Sukodadi, Kamis (30/11/2023).

Karuan saja, fenomena hujan es ini membuat rasa khawatir masyarakat. Tidak sedikit masyarakat di Lamongan meningkatkan kewaspadaannya, karena hujan yang disertai angin dan hujan es berpotensi masih terjadi.

Baca Juga: Pencuri Kotak Amal di Lamongan Diamankan

Sejumlah video amatir terkait fenomena ini beredar di media sosial. Dalam video yang beredar tersebut, terlihat seseorang memunguti butiran es jatuh ke tanah. 

 

Disebut, fenomena hujan es ini terjadi di Desa Jirekan, Kecamatan Sukodadi. Hujan es sebesar kuku orang dewasa disertai angin kencang yang sempat mengguyur. "Iya mas, tadi di beberapa desa di Kecamatan Sukodadi ada yang hujan es," kata Mahrus, salah seorang warga Kecamatan Sukodadi. 

Baca Juga: Rekanan di Lamongan Mulai Minta Pencairan Bayar Tunda Segera Dibayar

Beberapa desa lainnya yang ada di Kecamatan Sukodadi dikabarkan juga mengalami hal yang sama, yaitu fenomena hujan es tersebut. Beberapa desa tersebut diantaranya adalah Desa Jirekan, Desa Talun, Desa Menongo dan Desa Pajangan. "Iya tadi di desa saya juga hujan es," ujar Zulkifli, warga Desa Menongo. 

Selain fenomena hujan es, hujan deras disertai angin kencang juga terjadi di beberapa daerah lain di Lamongan. Di Dusun Patihan, Desa Sukorejo, Kecamatan Turi pohon asam yang berada di tepi jalan antar kecamatan tumbang akibat diterjang hujan disertai angin kencang. 

Tumbangnya pohon tersebut langsung ke arah jalan raya. "Iya, pohon tumbang di Dusun Patihan karena hujan deras disertai angin kencang," ungkap warga Desa Sukorejo, Yusuf. 

Baca Juga: SMK Sunan Drajat Datangkan Jurnalis Hingga Konsultan Digital Media

Yusuf menyebut, tidak ada korban jiwa saat pohon asam di tepi jalan tersebut tumbang. Meski sempat menghalangi kendaraan yang akan melintas, namun saat ini pohon tersebut telah berhasil dievakuasi. "Sudah berhasil dievakuasi oleh warga," terangnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lamongan, Joko Raharto membenarkan  sebagian wilayah di Kabupaten Lamongan telah terjadi hujan es batu. "Iya mas ada hujan es  di wilayah Kecamatan Sukodadi," ujarnya.jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU