Istri Dedik Riyawan, Minta Maaf ke Cewek yang Dicabuli Ketua DPC Demokrat Probolinggo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 14 Feb 2023 20:49 WIB

Istri Dedik Riyawan, Minta Maaf ke Cewek yang Dicabuli Ketua DPC Demokrat Probolinggo

Polisi Tetap Tahan Dedik dan Dicopot Langsung oleh Ketua DPD Demokrat Jatim

 

Baca Juga: Demokrat Juluki PDIP Partai Sombong

SURABAYAPAGI.COM, Probolinggo - Meski istri Dedik Riyawan, Ketua DPC Demokrat Kabupaten Probolinggo, sudah meminta maaf kepada keluarga korban. Namun, polisi masih tetap menahan Dedik di balik jeruji besi Polres Probolinggo Kota.

Dari informasi yang dihimpun, Dedik diamankan atas kasus pencabulan. Dari informasi yang dihimpun, Dedik ditahan sejak Kamis (9/2/2023) lalu. Sangkaannya, Dedik diduga cabuli karyawatinya di dalam mobil usai antar pesanan katering.

Karyawati yang diduga menjadi korban pencabulan Dedik, berinisial S, masih berusia 20 tahun. Perempuan itu bekerja di rumah makan milik Dedik. Dugaan pencabulan itu terjadi pada Rabu (8/2/2023) lalu.

Informasi penangkapan Dedik Riyawan dibenarkan Kasatreskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Jamal. Penetapan tersangka itu usai pihak kepolisian melakukan serangkaian penyelidikan.

"Benar Ketua Demokrat Kabupaten Probolinggo, resmi kita tahan dan disidik di ruang Unit PPA Satreskrim Polres Probolinggo Kota, dengan kasus kekerasan seksual terhadap karyawannya," ujar Jamal.

Jamal menyebut, tersangka dijerat Pasal 289 Subsider Pasal 6 Undang-Undang Tindak Pidana Seksual dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara.

"Kasus ini masuk proses penyidikan," pungkasnya.

 

Usai Antar Katering

Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota AKP Jamal menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi ketika tersangka bersama korban mengantar pesanan katering kemudian belanja sapu dan pel untuk membersihkan depot makanan yang baru di Kanigaran, Kota Probolinggo.

Dalam perjalanan itulah korban dilecehkan. Korban tidak terima dengan perlakuan tersangka. Ia sempat berontak dan menolak saat dilecehkan oleh majikan. Saat berontak, ia pun bisa keluar dari mobil dan lari pulang ke rumahnya.

 

Baca Juga: 1000 Pohon Mangga Manalagi akan Ditanam di Kawasan Kota Probolinggo

Keluarga Korban Tak Terima

Tiba di rumah korban menceritakan kejadian yang dialami ke keluarganya. Hingga akhirnya keluarganya bersama-sama dengan korban melaporkan perbuatan Dedik ke polisi.

Tak lama, istri tersangka mendatangi rumah korban untuk meminta maaf atas perlakuan suaminya. Namun, nasi sudah menjadi bubur, keluarga tetap tak terima dan melaporkan kasus ini ke Polres Probolinggo Kota.

 

Dedik Dipecat

Terpisah, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak memecat Ketua DPC Demokrat Kabupaten Probolinggo, Dedik Riyawan. Pemecatan tersebut merupakan sikap tegas yang dilakukan partai atas kasus yang menjerat Dedik.

"Sebelum teman-teman tahu, sudah ada langkah yang diambil BPOKK Demokrat Jatim untuk menjaga martabat dan marwah organisasi. The leader has change,” kata Emil, usai acara tasyakuran di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (13/2/2023).

Baca Juga: NasDem Persoalkan Pidato AHY, Demokrat Bentengi Anak SBY

Sementara itu, Ketua BPOKK Demokrat Jatim, Mugianto, mengatakan Partai Demokrat adalah partai yang menjunjung tinggi marwah dan martabat. Menurutnya, sudah menjadi komitmen Demokrat agar sebuah kepengurusan diisi oleh kader yang mendapat kepercayaan dari publik.

"Kami menghormati proses hukum, untuk sementara statusnya dinonaktifkan. Dan saya mendapatkan amanah sebagai Plt Ketua DPC Demokrat Kabupaten Probolinggo," ujar Mugianto.

 

Dilantik Juni 2022 Lalu

Dedik Riyawan, yang sebelumnya menjadi sekretaris DPC, terpilih secara aklamasi sebagai calon ketua DPC Demokrat Probolinggo.

Ia terpilih dalam Musyawarah Cabang (muscab) DPC Partai Demokrat Kabupaten Probolinggo, yang digelar di Hotel Shangri-La Surabaya, Senin (20/6/2022) lalu. Dari 24 Pengurus Anak Cabang (PAC), yang hadir 17 PAC. ris/ham/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU