ITN Malang Diproyeksikan Menjadi PLTS Perguruan Tinggi Ke-2

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 08 Mar 2021 11:08 WIB

ITN Malang Diproyeksikan Menjadi PLTS Perguruan Tinggi Ke-2

SURABAYAPAGI.COM -Berbicara swasembada bersih di Perguruan Tinggi, kali ini ITN Malang digadang-gadang menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di kawasan pendidikan kedua terbesar di Indonesia setelah PLTS ITERA Lampung. Dalam Groundbreaking pembangunan PLTS yang memiliki kapasitas 500 kWp (kilowatt piek).

PT Wijaya Karya bersinergi dengan PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy), dan juga melibatkan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Seperti dalam siaran pers yang diterima, secara tertulis, Sinergi ini adalah melakukan terobosan guna dalam membangun dan menciptakan energi baru terbarukan dalam energi bersih dan ramah lingkungan, kembali dibuktikan di lembaga pendidikan.

Baca Juga: Dispendik Gandeng Dispendukcapil Filter Penduduk Dadakan

Prof.Dr.Eng.Ir.Abraham Lomi, MSEE, Rektor ITN Malang, mejelaskan penerima manfaat akan Groundbreaking PLTS ini.

"PLTS dapat dimanfaatkan untuk penelitian mahasiswa serta dapat memenuhi kebutuhan energi kegiatan belajar mengajar di kampus ITN Malang," Ungkap Abraham.

Dia juga melanjutkan, dalam hal ini, apabila produksi listrik yang dihasilkan berlebih dan tak termanfaatkan dalam lingkup kampus, nantinya akan dijual ke PLN, tentunya dengan sebuah perjanjian kerjasama sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat," Terangnya.

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

Rektor ITN Malang ini juga menambahkan bahwa PT Wijaya Karya (Tbk) dan SUN Energy menawarkan kerjasama untuk menciptakan energi bersih di kawasan kampus.

"Ini, upaya memenuhi target pemerintah agar di tahun 2025 tercipta 23% energi nasional berasal dari energi baru terbarukan. PLTS adalah tumpuan dalam mewujudkan target itu," Terangnya.

Baca Juga: Dampingi Siswa Inklusi, Guru di Surabaya Diberi Pembekalan

Abraham juga menegaskan, Ekonomi bersih dalam bentuk PLTS harus segera diwujudkan.

ITN Malang saat ini memiliki lahan yang masih kosong, Sehingga membuat sepakat anatara ITN dengan PT Wijaya Karya (Tbk) dan SUN Energy untuk membangun PLTS di ITN Malang.jul

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU