Jadi Ikon Kabupaten Kediri, Mas Dhito Komitmen Bangun Kampung Inggris

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Nov 2021 23:37 WIB

Jadi Ikon Kabupaten Kediri, Mas Dhito Komitmen Bangun Kampung Inggris

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri tengah melakukan penataan Kampung Inggris Pare yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Kediri. Langkah awal, pemerintah melakukan digitalisasi kampung Inggris Pare lewat QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk pelaku UMKM. 

 

Baca Juga: Hibah Sapi, Mas Dhito Canangkan Kemandirian Pangan

Sebagaimana diketahui QRIS merupakan sistem pembayaran digital menggunakan kode QR yang dapat dibaca oleh penyelenggara jasa sistem pembayaran. Dengan begitu, sistem transaksi dengan pelaku UMKM di Kampung Inggris Pare tidak lagi menggunakan pembayaran tunai. Bagi pelaku UMKM sendiri, adanya QRIS transaksi lebih cepat, apalagi saat pengunjung padat.

 

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono menyampaikan, Kampung Inggris Pare terkenal sebagai daerah yang paling padat dikunjungi oleh wisatawan dari luar daerah. Bahkan, pada bulan Desember dari informasi yang diterima akan kedatangan tamu sampai sekitar 4000.

 

"Dengan adanya peluncuran QRIS ini sebenarnya adalah satu langkah awal bahwa pemerintah Kabupaten Kediri betul-betul memperhatikan Kampung Inggris," kata bupati yang akrab disapa Mas Dhito usai acara launching QRIS untuk UMKM di Kampung Inggris Pare, Senin (22/11/2021).

 

Program untuk kampung Inggris, lanjut Mas Dhito, sangat banyak dan tidak berhenti pada QRIS. Penataan Kampung Inggris Pare sangat diperlukan. Sebab, orang bicara Kabupaten Kediri, yang pertama kali tertanam adalah Kampung Inggris. Hal itu tak lain karena Kampung Inggris merupakan satu-satunya tempat pembelajaran bahasa Inggris terbesar di Indonesia yang tumbuh secara alami.

 

"Pemerintah Kabupaten Kediri berkomitmen penuh untuk membangun kampung Inggris," ucapnya.

Baca Juga: Jawab Keluhan Pengrajin Gula, Mas Dhito Instruksikan Sosialisasi Perizinan

 

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Kediri Wihujeng Ayu Rengganis menambahkan, program digitalisasi Kampung Inggris dibentuk untuk meningkatkan ekosistem digital. Kampung Inggris merupakan kampung yang memiliki potensi yang sangat luar biasa hanya untuk dikembangkan sebagai pusat edukasi tidak lokal tapi juga nasional. 

 

"Dengan potensi pengunjung dari seluruh wilayah Indonesia dan merupakan salah satu generasi milenial, maka pengembangan ekosistem digital sangat mungkin untuk dilakukan," tulisnya.

 

Baca Juga: Erupsi Semeru, Pemkab Kediri Buka Rekening Donasi

Program pembayaran digital dengan menggunakan QRIS, lanjut dia, merupakan program nasional untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional dari aspek sistem pembayaran. Berdasarkan data sampai dengan bulan November 2021, jumlah mesin yang sudah terhubung sebesar 12,5 juta dan didominasi oleh pelaku usaha mikro kecil dengan porsi sebesar 88 persen dari total pasar. 

 

"Ini membuktikan bahwa UMKM memegang peranan sangat penting dalam terbentuknya ekosistem digital di bidang pembelajaan," Bebernya.

 

Wihujeng Ayu Rengganis berharap Kampung Inggris dapat menjadi kampung digital dan rujukan di tingkat nasional. Supaya terealisasi, ditegaskan, dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak terkait. Tidak hanya Bank Indonesia, pemerintah, perbankan, namun yang tidak kalah penting adalah dukungan dari seluruh komunitas dan masyarakat di kampung Inggris. Adv/kominfo

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU