Jadi Korban Body Shaming Setibanya di Indonesia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 06 Agu 2021 11:33 WIB

Jadi Korban Body Shaming Setibanya di Indonesia

i

Nurul Akmal, atlet angkat besi asal Aceh. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Nurul Akmal, atlet angkat besi asal Aceh yang berhasil meraih posisi lima besar dalam cabang olahraga angkat besi 87 kg di kelas +87 kg ini mendapat perlakuan body shaming saat tiba di Tanah Air di bandara Soekarno Hatta, Kamis (5/8/2021) dini hari WIB.

Berawal dari momen Amel, sapaan akrabnya, saat berpose di depan fotografer. Saat menjadi atlet ketiga yang muncul dalam sesi penyambutan dan mengambil karangan bunga, mendapat celetukan yang kurang pantas dari salah satu oknum yang hadir pada acara tersebut.

Baca Juga: 119 Atlet Sampang Siap Berbicara di Kancah Regional Jatim

"Yang paling kurus," terdengar suara teriakan seseorang, yang kemudian dianggap telah melakukan perundungan berupa body shaming kepada Nurul Akmal.

Meski Amel sendiri tidak mempersoalkan hal tersebut, body shaming bukan tindakan yang patut untuk dilakukan Body shaming merupakan jenis perundungan yang dilakukan dengan mengomentari fisik atau tubuh orang lain dengan cara yang negatif.

"Enggak (sadar ada teriakan itu) mungkin karena terlalu ke kamera jadi enggak ngeh. Grogi juga ada. Saya justru tahu karena ada yang mengirimkan ke saya," kata Nurul.

Menanggapi peristiwa tersebut, psikolog Elizabeth Santosa mengatakan, bercanda dengan anggota tubuh sebagai bahannya adalah hal yang tidak baik. Menurutnya, kita tidak akan bisa tahu apa yang dirasakan orang tersebut dan dampaknya akan seperti apa.

Baca Juga: Bupati Ikfina Berangkatkan Kontingen Mojokerto untuk Berlaga di FORDA 1 Jatim

"Kita tidak tahu bagaimana perasaan orang yang jadi korban. Jika orangnya cuek mungkin tidak masalah, tapi bagaimana jika korbannya cenderung bawa perasaan (baper)," ujar Elizabeth beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Nurul Akmal memilih santai menanggapi komentar yang disebut body shaming. Dia menganggap jika ucapan tersebut hanya sebuah candaan.

"Nurul nggak papa. Jangan jadi masalah yang begituan. Amel santai aja. Bercanda kan biasa gitu," kata Nurul Akmal, Kamis (5/8/2021).

Baca Juga: Memperkuat dan Laksanakan Sinergitas TNI-POLRI, Poles Blitar Lakukan Olahraga Bareng dengan TNI

Wanita yang berasal dari Banda Aceh ini saat ini memilih fokus berlatih pada pertandingan yang akan datang. Dia pun tak mau menanggapi komentar negatif yang ia terima.

"Amel mau lebih fokus latihan lagi. Di depan ada PON Papua dan masih ada SEA GAMES. Kalau candaan gitu biasa aja nggak papa. Yang penting kita tetap berbuat baik," pungkas Nurul Akmal dengan ramah. Dsy14

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU