Jaga Imun dan Cegah Stres dengan Olahraga Bulu Tangkis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 29 Agu 2021 10:38 WIB

Jaga Imun dan Cegah Stres dengan Olahraga Bulu Tangkis

i

Kegiatan rutin bermain bulu tangkis untuk kesehatan. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Bulu tangkis termasuk jenis olahraga kardio. Olahraga kardio itu sendiri adalah jenis latihan untuk menguatkan otot jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat. Pembuluh darah yang kuat dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot.

Bermain bulu tangkis selama satu jam sehari membantu membakar 480 kalori. Bila kegiatan ini dijadikan kebiasaan, maka bisa menghilangkan berat badan minimal 4 kg dalam waktu satu bulan. Bulu tangkis merupakan olahraga yang sangat melelahkan karena memanfaatkan hampir setiap otot di tubuh.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Setiap gerakan untuk memukul merupakan latihan untuk membentuk otot terutama di bagian abs. Gerakan dalam badminton juga sangat bagus untuk betis, bokong, serta paha bagian depan dan belakang.

Rutin olahraga bulu tangkis membantu dalam peningkatan fungsi kardio sehingga membuat tubuh terbiasa berkeringat secara alami. Keringat tentunya membuang racun yang berada di tubuh. Dengan begitu tubuh terasa ringan dan bebas beban.

Bulu tangkis tidak hanya memberikan manfaat kebugaran fisik, tetapi juga manfaat bagi kesehatan mental. Otak akan melepaskan hormon mood bahagia dalam jumlah banyak ketika kita berolahraga, yaitu endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan untuk menggantikan hormon kortisol dan epineprin, dua hormon pemicu stres.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Kesemua hormon positif ini akan bekerja sama menimbulkan perasaan senang dan mengusir stres, sehingga menciptakan pikiran-pikiran positif dan memperbaiki kualitas tidur. Itu sebabnya kenapa olahraga sering disarankan sebagai terapi tambahan untuk mengelola gejala berbagai penyakit mental.

Efek penurunan tingkat stres ini juga semakin bertambah karena permainan bulu tangkis melibatkan interaksi sosial dengan banyak orang dalam satu waktu. Ngobrol, bersenda gurau, dan bertukar pikiran dengan orang lain merupakan salah satu cara sederhana untuk menghilangkan stres.

Main bulu tangkis juga bisa dibilang adalah salah satu jenis olahraga otak. Volume aliran darah akan meningkat pesat dari jantung ke otak selama aktif bergerak. Ini dapat meningkatkan kerja saraf dan meningkatkan massa otak.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemampuan nalar meningkat secara drastis pada orang yang rata-rata melakukan latihan kardio 30 menit per hari untuk setidaknya lima kali dalam seminggu.

Kemampuan kognitif ini tentu dibutuhkan ketika berlarian di lapangan untuk mengingat dan memodifikasi strategi, serta memprediksi serangan lawan. Terlebih, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa latihan kardio dapat menurunkan risiko demensia pada orang dewasa sehat. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU