Jaga Kesehatan Reproduksi dengan Buah Tin

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 25 Agu 2021 10:10 WIB

Jaga Kesehatan Reproduksi dengan Buah Tin

i

Buah Tin. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Buah tin terbukti dapat meningkatkan kesuburan. Ini karena kandungan zat besinya yang tinggi. Zat besi diperlukan untuk menjaga kesehatan sel telur dan juga ovulasi perempuan.

Selain itu, buah tin juga kaya akan serat dan aneka vitamin, terutama vitamin B6 yang diperlukan tubuh perempuan untuk mempersiapkan diri menyambut kehamilan dan meringankan mual dan muntah selama kehamilan. 

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Bukan hanya baik bagi kesehatan reproduksi dan kesuburan perempuan, laki-laki pun bisa mendapat manfaat luar biasa dari buah tin yang berkulit ungu ini. Buah tin kaya akan kalsium, kalium, mangan, dan seng. Nutrisi di dalam buah tin tersebut bermanfaat untuk kesuburan pria dengan meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. 

Orang-orang Yunani kuno mempercayai buah tin adalah buah yang sakral. Buah yang punya isi berwarna kemerahan ini diagungkan sebagai simbol cinta dan kesuburan. Melihat berbagai manfaatnya yang luar biasa, tidak heran ya bila buah tin dijadikan simbol kesuburan.

Orang-orang India kuno mengonsumsi buah tin dengan cara dicampurkan dengan susu. Campuran buah tin dan susu ini kaya akan seng, magnesium, kalsium, dan zat besi yang membantu meningkatkan kesehatan reproduksi secara umum.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Selain enak dimakan begitu saja sebagai buah segar, buah tin juga enak dimakan bersama dengan semangkuk yoghurt dan granola. Makanan sehat nikmat yang bisa dijadikan alternatif camilan kaya gizi.

Jika saat ini Kamu dan pasangan sedang menjalankan program hamil, penting juga untuk memerhatikan makanan apa yang dikonsumsi sehari-hari. Modifikasi diet dan gaya hidup untuk meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Selain itu, manfaat buah tin selanjutnya adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini bisa didapatkan karena buah tin memiliki kandungan multivitamin dan mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu. Adanya antioksidan dalam buah tin juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel dalam tubuh.

Selain buahnya, daun tin juga bisa berfungsi sebagai imunomodulator. Hal ini dikarenakan daun tin dapat mengatur sistem kekebalan tubuh. Hal ini telah diperkuat pada hasil riset yang mengatakan bahwa daun tin bisa merangsang produksi antibody dan produksi sel limfosit sehingga mampu menghancurkan pathogen yang masuk ke dalam tubuh. Dsy11

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU