Jaga Mobil Tetap Prima Meski Tak Mudik Lebaran

Seseorang tengah mencuci mobil agar tetap bersih dan prima. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Larangan mudik lebaran membuat banyak orang tidak bisa melakukan mudik setelah pemerintah memutuskan larangan tersebut untuk mencegah klaster penularan Covid-19 saat Lebaran berlangsung. Sehingga, kendaraan pun terparkir di garasi tak terpakai selama libur Lebaran.

Walupun demikian, mobil tersebut tetap harus dirawat dengan baik selama dirumah untuk menjaga kondisi mobil tetap prima selama libur lebaran. Mobil yang kerap dikendarai tentu tidak akan terhindar dari noda, termasuk cipratan dari bahan aspal. Cipratan tersebut biasanya berada pada bagian bumper atau side skirt paling bawah mobil, Kamis (20/5/2021).

Dari hal tersebut, kita bisa membersihkan noda bekas cipratan dengan cairan khusus. Pastikan cairan yang digunakan telah teruji ampuh dan tetap memberi perlindungan pada lapisan cat.

Untuk mencuci mobil, gunakan sabun cuci khusus mobil saat mencuci dan gunakan lap yang halus agar tidak merusak cat. Hindari mencuci mobil di bawah terik sinar matahari karena dapat merusak cat mobil.

Bersihkan kerikil-kerikil yang menyangkut pada alur ban dengan menggunakan obeng minus. Anda juga bisa sekaligus mengecek tekanan angin serta menyemir ban tersebut agar tampilannya mengkilap dan bersih.

Meski tidak digunakan untuk berpergian jauh saat libur lebaran, mesin mobil perlu sesekali dipanaskan agar oli dapat bersikulasi dengan baik. Namun, karena mobil saat ini sudah dilengkapi dengan ECU yang dapat mengoptimalisasi kerja mesin, mobil tidak perlu dipanaskan setiap hari.

Paling tidak, kalau mobil tidak digunakan, panaskan minimal dua hari sekali. Memanaskan mesin mobil pun tidak perlu terlalu lama, hanya sekitar 5-10 menit.

Pernah ada kasus kampas rem menempel kuat ke bagian dalam teromol dan sulit lepas karena mobil diparkir terlalu lama. Oleh sebab itu, lepaskan rem parkir dan gunakan wheel chock khusus pengganjal ban mobil.

Selain itu, bahan bakar di dalam mobil jangan dibiaLarangan rkan kosong karena akan mengakibatkan oksidasi dan membuat karat timbul di dalam tangki bensin. Dsy20