Jalan Provinsi Jatim di Kondisi Mantap 89,61 Persen

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 12 Okt 2022 19:50 WIB

Jalan Provinsi Jatim di Kondisi Mantap 89,61 Persen

i

Persentase jalan provinsi dalam kondisi mantap sebesar 89,61 persen. SP/JATI

 SURABAYAPAGI, Surabaya -  Persentase jalan provinsi yang berada dalam kondisi mantap pada tahun 2021 sebesar 89,61 persen dari total jalan provinsi di Jawa Timur, sedangkan pada tahun 2020 mencapai 93,06 persen.

Melansir laman resmi Badan Pusat Statistik Jawa Timur (BPS Jatim) dalam laporan Statistik Transportasi Provinsi Jawa Timur 2021 tertulis bahwa pada tahun 2021, panjang jalan provinsi Jawa Timur mencapai 1.421 kilometer. Panjang ini sesuai dengan SK Gubernur Jawa Timur No. 188/128/KPTS/013/2016, tanggal 12 Februari 2016. 

Baca Juga: Pj Ali Kuncoro Lega, IPH Kota Mojokerto Berfluktuasi Rendah pada Angka Minus 3,858 %

Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan mengatakan bahwa pada tahun ini, total panjang jalan tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena masih mengacu pada SK yang sama.

Kondisi kemantapan jalan, seperti halnya pada jalan nasional, terbagi menjadi 2 yaitu jalan dalam kondisi mantap (kondisi permukaan jalan baik dan sedang) serta kondisi tidak mantap (kondisi permukaan jalan rusak ringan dan rusak berat). 

Jalan provinsi merupakan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan ibukota provinsi dengan ibukota kabupaten/kota, antar ibukota kabupaten/kota, dan jalan strategis provinsi.

Baca Juga: Virus Bentangkan Spanduk Tagih Janji Bupati Lamongan Semakin Meluas

Wewenang penyelenggaraan jalan provinsi ada pada pemerintah provinsi. Wewenang tersebut meliputi pengaturan, pembinaan, pembangunan, dan pengawasan. 

“Prasarana jalan yang baik akan mampu mendongkrak percepatan pertumbuhan berbagai sektor. Seluruh sektor mulai dari sektor pertanian sampai sektor jasa akan merasakan dampak dari perbaikan kondisi jalan,” kata Dadang

Sedangkan secara umum persentase jalan kabupaten dan kota dalam kondisi mantap sebesar 81,55 persen dan tidak mantap sebesar 18,45 persen. Tercatat bahwa pada tahun 2021, panjang jalan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur mencapai 38.670,10 km. 

Baca Juga: Rabat Beton Jadi Andalan Jalan Lingkungan Desa Mambulu Barat

Dadang menjelaskan, berdasarkan jenis permukaannya, jalan beraspal selalu memiliki komposisi jalan Kabupaten/Kota paling besar dibanding permukaan jalan yang lain dan pada tahun 2021 adalah sebesar 85,62 persen dari total panjang jalan Kabupaten/Kota. Jika diperhatikan selama 5 tahun terakhir, komposisi jalan beraspal selalu di atas 85 persen. 

Sebagai informasi, Jalan kabupaten adalah jalan lokal dalam sistem jaringan jalan primer yang tidak termasuk pada jalan nasional dan jalan provinsi, yang menghubungkan ibukota kabupaten dengan ibukota kecamatan, antar ibukota kecamatan, ibukota kabupaten dengan pusat kegiatan lokal, antar pusat kegiatan lokal, jalan umum dalam sistem jaringan jalan sekunder dalam wilayah kabupaten, serta jalan strategis kabupaten.

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU