Jalani Operasi Pengangkatan Kista

Dinda Kirana. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Dinda Kirana diketahui baru saja menjalani operasi pengangkatan kista di kedua ovariumnya. Awalnya sebesar 3 sentimeter, namun selang setahun, ukuran tersebut membesar dan menjalar di kedua ovariumnya. 

"Jadi tahun lalu besar kista aku tuh cuman 3 cm dan makan satu tahun, untuk besarnya jadi kistanya ada 2, di kantung ovarium kanan dan kiri, ada yg ukuran 12 dan 5 cm kurang lebih, dan itu udah termasuk besar sekali," jelas Dinda Kirana.

Kabar tersebut diketahui melalui unggahan di Instagram-nya pada Kamis (10/6/2021). Dalam unggahan tersebut, tampak Dinda masih terbaring di sebuah ranjang rumah sakit.

"Jadi kemarin itu aku operasi kista di bagian ovarium atau sel telur. Dan ini masih dugaan, kata dokternya kalau kista ini tuh jenis kista yang edomentriosis. Dan memang penyakit ini common, terutama di perempuan," kata Dinda Kirana, Jumat (11/6/2021).

"Mungkin teman-teman banyak juga mengalami yang sama kayak aku, dan masih ditunda-tunda pengobatannya karena takut periksa atau operasi," sambungnya.

Sebelum tahu ada kista, Dinda mengaku dulu ketika menstruasi sering mengalami sakit yang sangat parah, sampai tidak bisa berdiri. "Awal gejalanya sih aku kayak menstruasi sakit banget, tapi sakitnya yang enggak bisa sampai berdiri, benar-benar enggak bisa jalan," tuturnya.

Dinda Kirana kala itu juga sudah mencoba meminum banyak obat penghilang rasa sakit saat menstruasi, namun semuanya tidaklah mempan.

"Sudah mencoba minum cairan penghilang rasa sakit saat menstruasi, ya nggak mempan sama sekali" tambah Dinda.

Dinda Kirana sendiri mengaku menyesal karena sempat menunda-nunda dan menyepelekan penyakitnya itu. "Aku juga sempat mikir gausalah ya nanti-nanti aja, cuman memang harus dikontrol banget, karena itu ngaruh juga kan untuk kelangsungan misalkan aku pengen punya baby atau gimana," terangnya.

Dinda Kirana menuturkan operasi yang dia jalani cukup memakan waktu. Bahkan usai operasi, dia sempat alami pendarahan.

"Kata dokter kistanya besar dan lengket banget. Ovarium sehatnya masih harus dipertahankan karena aku belum menikah dan punya anak. Pinggul aku masih dikasih selang karena masih pendarahan," ujar Dinda Kirana.

Lantas karena penyakit kista tersebut, Dinda sekarang ini dilarang untuk mengkonsumsi junk food, nanas, dan makanan lainnya dan mulai memperhatikan asupan makanan. Sebab, jenis makanan tersebut bisa memberi 'umpan' pada kista untuk berkembang menjadi lebih buruk.

"Dan yang penting banget dari pola makan nggak boleh suntik hormon gitu, ayam negeri yang gede-gede, nggak bagus buat kita apalagi yang punya kista, terus ternyata soy milk juga itu nggak bagus dan aku suka banget ka buah nanas, dan nanas juga ternyata nggak bagus juga buat penyakit kista karena bisa memicu kanker," sebutnya. Dsy18