Jalur Pendakian Semeru Segera Dibuka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Sep 2021 19:14 WIB

Jalur Pendakian Semeru Segera Dibuka

i

Jalur pendakian Gunung Semeru

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang - Seiring dengan Lumajang yang kini telah masuk level 2, dalam waktu dekat jalur pendakian Gunung Semeru akan kembali dibuka.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Novita Kusuma Wardani membenarkan rencana tersebut. Pihaknya, kini sedang menunggu instruksi resmi Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian. 

Baca Juga: Banjir Lahar Terjang 495 KK di Tujuh Kecamatan Lumajang, 6 Jembatan Rusak

Selanjutnya, jika instruksi tersebut telah diterima dan Satgas covid-19 Kabupaten Lumajang menizinkan tempat wisata dibuka secara bertahap, pihak TNBTS secepatnya akan mengumumkan jadwal dibukanya kembali pendakian Gunung Semeru.

"Kalau merujuk pada pengumuman rutin kemungkinan Senin (20/9) akan diumumkan. Nanti besoknya bisa kami umumkan Semeru dibuka.

Pendakian di masa pandemi covid-19 memang akan segera diperbolehkan. Namun yang perlu dicatat pihak TNBTS telah menyiapkan belbagai ketentuan. Setiap hari jumlah kuota pendaki hanya dibatasi 25 persen. Tidak kalah wajib, pendaki harus bisa menunjukkan sudah melakukan vaksinasi dengan menunjukkan data lewat aplikasi Peduli Lindungi.

Baca Juga: Pantai Watu Pecak, Jadi Destinasi Favorit saat Libur Lebaran

Sekedar diketahui, selama pandemi covid-19, sudah 3 kali jalur pendakian Gunung Semeru ditutup. Setidaknya, ada sekitar 3 ribu calon pengunjung gagal mendaki.

Kendati demikian, Novi menyebut, pesona Gunung Semeru tetap memiliki daya tarik wisata. Dia mengaku sering mendapat pertanyaan dari kalangan pendaki terkait kapan dibukanya kembali jalur pendakian Gunung Semeru.

"Nanti kondisional bisa jadi setiap hari kami  bagi antara kuota pendaki yang baru melakukan registrasi dan pendaki yang mengajukan reschedule jadwal," pungkas Novi.

Baca Juga: Pilu! Disabilitas Asal Lumajang Jadi Korban Rudapaksa Orang Tak Dikenal hingga Hamil dan Melahirkan

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU