Jalur Utama Pacitan-Trenggalek Tertimbun Longsor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 13 Okt 2022 19:18 WIB

Jalur Utama Pacitan-Trenggalek Tertimbun Longsor

SURABAYAPAGI.COM, Pacitan - Jalur utama Pacitan-Trenggalek putus total akibat tertimbun longsor, Kamis (13/10/2022). Longsor terjadi di Kilometer 36 Dusun Sidorejo, Desa Cangkring, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan.

Dari data yang dihimpun, tebing yang longsor itu setinggi 50 meter. Material longsor berupa tanah bercampur bebatuan dan pohon menutup penuh badan jalan sepanjang 100 meter, dengan ketinggian 25 meter.

 "Hujan deras dari Selasa malam hingga hari ini (Kamis) mengguyur sini (Kecamatan Ngadirojo)," ujar warga setempat, Syahroni.

Baca Juga: Dua Penambang Pasir Liar di Blitar Meninggal Tertimbun Longsor

Karena hujan itu, kata dia, menyebabkan tebing dengan struktur tanah labil yang berada di sisi jalan tersebut longsor.

Baca Juga: Suara Pasangan Prabowo-Gibran Menang Telak di Pacitan

"Kemungkinan karena tanah tebing labil dan tak kuat menahan debet air sehingga tanahnya longsor. Material tanah longsor campur bebatuan dan membawa pepohonan menutup total badan jalan," terangnya.

Upaya untuk pembukaan jalur masih belum sepenuhnya dilakukan. Petugas terkendala dengan pembuangan material serta cuaca terus diguyur hujan dan antisipasi longsor susulan.

Baca Juga: Rumah Warga di Malang Rusak Tertimpa Longsor

Bergotong-royong masyarakat setempat dan relawan akan membuat jalur alternatif melalui pemukiman warga agar setidaknya ekonomi warga dan anak sekolah tetap bisa berjalan.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU