Jatim dan Kazakhstan Jalin MoU Komoditas Laut Sampai Mebel

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 08 Jun 2021 13:40 WIB

Jatim dan Kazakhstan Jalin MoU Komoditas Laut Sampai Mebel

i

Gubernur Khofifah bertemu dengan Duta Besar Kazakhstan H.E. Daniyar Sarekenov. SP/ SBY

SURABAYAPAGI, Surabaya - Saat ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengupayakan adanya direct flight dari Jatim ke Kazakhstan terkait kerja sama komoditas laut seperti lobster hingga ikan beku dan tuna sampai produk mebel. Sebab komoditas tersebut sangat dibutuhkan oleh Negara Kazakhstan.

"Membangun koneksitas perdagangan antara Jawa Timur dan Kazakhstan adalah sesuatu yang sangat profitable menurut saya. Dengan menyiapkan direct flight," ujar Khofifah, Selasa (8/6/2021).

Baca Juga: Khofifah : Antusiasme Warga jadi Penentu Masa Depan Bangsa

Gubernur Khofifah saat ini sedang berupaya untuk mengkomunikasikan perihal akses transportasi dengan maskapai penerbangan. Sehingga diharapkan, memungkinkan adanya penerbangan yang terkoneksi secara langsung dari Jatim ke Kazakhstan.

Selain itu, Masyarakat di negaranya selain sangat tertarik dengan produk hasil laut, bahkan berminat di produk tekstil, mebel hingga dunia pariwisata di Indonesia.

Baca Juga: Khofifah: Jatim Pusat Kemenangan Prabowo

"Begitu juga dengan terkait wisata. Indonesia sangat diterima di Kazakhstan apalagi wisata religi," pungkasnya.

"Ada hal yang sangat menarik yang ditawarkan oleh Pak Dubes, adalah produk-produk tertentu untuk bisa tembus ke pasar Eropa, dan Eropa Timur termasuk Rusia, adalah menjadikan Kazakhstan itu hap-nya (penghubung)," imbuhnya.

Baca Juga: Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Jatim Dukung Khofifah di Pilgub 2024

Dubes Kazakhstan mengungkapkan, tujuan kedatangannya ke Jatim adalah untuk membangun relasi perdagangan dan investasi. "Jawa Timur adalah market yang menarik, baik itu untuk Kazakhstan, begitu juga Kazakhstan akan sangat tertarik dengan produk Jawa Timur," tuturnya. Dsy12

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU