Pilkada Pacitan 2020

Jelang Coblosan 9 Desember, SBY Sambangi Pacitan

Susilo Bambang Yudhoyono disambut Bupati Pacitan Indartarto, Kamis (3/12/2020). (foto: SP/riko)

SURABAYAPAGI.com, Pacitan - Jelang masa akhir kampanye Pilkada serentak tahun 2020, ketua dewan pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) datang ke Pacitan. Di kota Kelahirannya itu, SBY akan melakukan sejumlah kegiatan. Salah satunya memberikan support untuk kemenangan pasangan Indrata Bayu Aji - Gagarin (01) yang diusung Partai Demokrat di Pilkada Pacitan. 

 
Bendahara umum DPP Partai Demokrat, Renville Antonio mengatakan, mulai hari ini Kamis (3/12/2020)  ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah berada di Pacitan. Rencananya SBY akan berada selama sepekan. Tidak sendirian, SBY datang ditemani Ibas Yudhoyono dan istri. Esok hari, rencananya Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono juga hadir di Pacitan. 
 
"Hari ini, Pak SBY sudah tiba di Pacitan. Agendanya adalah mengecek perkembangan pembangunan Museum SBY dan membuka pertandingan Volley Lavani," jelas Renville yang juga berada di Pacitan.
 
Karena momennya ada pilkada 9 Desember mendatang, kesempatan ini sekaligus melihat perkembangan pasangan calon yang diusung Partai Demokrat. "Mungkin nanti ada arahan dari Pak SBY kepada paslon, sekaligus menyampaikan harapan kepada calon bupati dan calon wakil bupati Pacitan yaitu Indrata Nur Bayu Aji dan Gagarin," kata mantan Ketua Demokrat Jatim ini.
 
Sebelumnya, beredar viral video SBY di sejumlah medsos. Dalam video itu SBY menyampaikan  jika kedua tokoh calon pemimpin Pacitan itu memiliki tekad dan semangat yang tinggi untuk membangun Pacitan. "Pak SBY sebagai putra kelahiran Pacitan, juga ingin Paslon tersebut memiliki program dan kebijakan yang nyata untuk memajukan Pacitan 5 tahun kedepan," katanya.
 
Pak SBY sangat merestui serta memohon Allah SWT agar kedua tokoh Pacitan ini diijinkan untuk memimpin Pacitan 5 tahun mendatang.
 
"Pesan SBY adalah setelah insyaAllah memimpin nanti, yang harus dilakukan adalah menyelamatkan masyarakat Pacitan, saudara-saudara kita dari Covid-19. Ini prioritasnya," ungkap politisi asal Surabaya ini.
 
Selain itu, lanjut Renville, karena ada pandemi Covid-19 ekonomi dan kehidupan rakyat sehari-hari mengalami penurunan atau mengalami masalah. "Pak SBY minta tolong segera diatasi nanti, sehingga Covidnya bisa dihentikan dan ekonomi rakyat bisa dipulihkan," harapnya.
 
Presiden RI ke-6 ini merasa senang karena pasangan Aji-Gagarin memiliki program yang nyata setelah mengutamakan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. 
 
"SBY juga ingin benar pendidikan ditingkatkan agar lebih berkualitas dan kesehatan masyarakat itu juga ditingkatkan kualitasnya serta infrastruktur dimajukan, saya kira itu tiga program bagus yang diinginkan Pacitan," jelas Renville Antonio.   
 
Dikutip dalam video pidato SBY tersebut, juga disampaikan saat-saat SBY mengenang masa lalu.  Dimana  pada 10 tahun lalu sebagai anak Pacitan oleh Allah ditakdirkan oleh rakyat indonesia untuk menerima amanah  memimpin Indonesia, tentu dirinya tidak pernah melupakan kampung halaman Pacitan.
 
 
Pesan SBY kepada Aji dan Gagarin, ketika pertama jalan lintas selatan yaitu menghubungkan Pacitan ke Trenggalek, Pacitan ke Wonogiri dan ke Jogya serta  Solo kita bangun dengan kualitas yang bagus. Kemudian Pacitan ke Ponorogo juga kita bangun kita tingkatkan kualitasnya. 
 
 
"Namun masih banyak jalan-jalan lain yang perlu Aji dan Gagarin bangun sehingga Presiden dan Gubernur kita juga memberikan atensi yang penuh ke Pacitan," harap SBY.   
 
 
Potensi wisata Pacitan, lanjut SBY juga sangat besar mulai dari arah Barat itu kita bangun kualitas goa tabuhan dan goa Gong tentu pengunjungnya akan lebih banyak lagi. Kemudian partai-pantai yang indah, seperti Pantai Klayar dibangun jaring-jaring jalan menuju tempat wisata.
 
 
Bahkan Pacitan juga memiliki pelabuhan perikanan di Tamperan, kemudian masjid Agung juga direnovasi ditingkatkan keindahannya. "Kita tahu Pacitan butuh pengairan sehinga kita bangun bendungan atau waduk Tukul, mudah-mudahan bsa segera diresmikan karena butuh waktu untuk membangun," jelas SBY. (rko)