Jelang Hari Raya Kurban, Harga Kambing di Pasar Kota Kediri Terpantau Stabil

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Jun 2023 14:53 WIB

Jelang Hari Raya Kurban, Harga Kambing di Pasar Kota Kediri Terpantau Stabil

i

Suasana Pasar Hewan Kota Kediri yang didominasi kambing.

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Menjelang Hari Raya Idul adha, harga kambing pada awal Juni 2023 di Pasar Hewan Kota Kediri terpantau masih stabil dan belum ada kenaikan untuk kebutuhan kurban

Diketahui, harga kambing berkisar di antara Rp3-4 juta per ekor. Ini ada di Pasar Hewan Muning, Kota Kediri. 

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kediri Naik

Salah satu pedagang kambing di Pasar Hewan Kota Kediri, Muslim mengaku, harga jual kambing untuk saat ini masih belum mengalami kenaikan.

“Sampai saat ini harganya masih stabil. Jika kenaikan harga kambing baru akan terjadi pada Minggu mendatang,” kata Muslim, Kamis (08/06/2023).

Menurutnya, untuk saat ini pembelian kambing untuk berkurban terbilang masih sepi. Hanya saja untuk pembelian kambing hari ini datang dari kalangan penampung.

Baca Juga: Racik Mercon, Warga Kediri Diringkus Polisi

Disisi lain, Pujiono, Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran Dinas Ketahanan Pangan Pertanian (DKPP) Kota Kediri mengatakan, sejak pagi tidak ada sapi yang dibawa ke Pasar Hewan Kota Kediri. Pihaknya bersama BPBD Kota Kediri juga telah berjaga di pintu masuk pasar sejak pagi.

Didominasi kambing, tidak ada sapi yang dibawa ke pasar, kemungkinan para peternak jadi lebih berhati-hati dengan adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ini,” ujarnya.

Baca Juga: Relawan Suket Teki Nusantara Tasyakuran Kemenangan Prabowo - Gibran di Kediri

Sebagai informasi, hari raya kurban diperkirakan akan terlaksana pada akhir Juni 2023. Pada tahun-tahun sebelumnya, banyak pedagang hewan kurban dadakan, khususnya kambing di Kota Kediri.

Pedagang hewan kurban dadakan mengambil tempat di pinggir-pinggir jalan, seperti di sekitar Bandar Kidul, Kota Kediri dan lingkungan Lirboyo Kediri. Jika mengacu pada Hari Raya Kurban musim sebelum-sebelumnya, kenaikan harga tersebut akan terjadi menjelang hari H Idul Adha. dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU