Jelang KTT G20, PLN Lakukan Cleaning Insulator Pada Sistem 500 kV di PLTU Paiton

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 22 Sep 2022 18:34 WIB

Jelang KTT G20, PLN Lakukan Cleaning Insulator Pada Sistem 500 kV di PLTU Paiton

SurabayaPagi, Paiton - PT PLN (Persero) senantiasa menjaga keandalan penyaluran suplai listrik ke Pulau Bali mendekati perhelatan Internasional KTT G20. PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) berkolaborasi bersama Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT) berhasil melaksanakan cleaning insulator menggunakan metode online washer pada PLTU Paiton Unit 8 , Sabtu (17/09).

Penggunaan metode online washer ini merupakan hal yang baru dan pertama kali dilaksanakan oleh UIT JBM pada sistem 500 kV, sehingga dalam pelaksanaannya UIT JBM dibantu baik dari sisi peralatan maupun personil yang sudah berpengalaman dari UIT JBT.

Tak kurang dari 35 personil gabungan yang dikerahkan untuk pekerjaan ini agar mengefisienkan waktu pekerjaan.

“Kegiatan KTT G20 sudah semakin dekat, kami terus meningkatkan keandalan sistem agar penyaluran pasokan listrik dari pembangkit Paiton ke GISTET Paiton tidak mengalami kendala. Akhir pekan kemarin kami baru saja menyelesaikan pekerjaan yang cleaning insulator di PLTU Paiton unit 8, pekerjaan dilakukan dengan metode online washer ini baru pertama kali kami lakukan di Jawa Timur,” terang General Manager PLN UIT JBM Didik F. Dakhlan.

Didik juga menambahkan, Cleaning insulator menggunakan metode online washer menjadi salah satu opsi dikarenakan belum dapat dilakukannya pemadaman untuk menindaklanjuti temuan anomali corona pada pos insulator unit 8.

“Paiton merupakan suplai utama ke pulau Bali yang menjadi lokasi agenda internasional KTT G20 pada November. Potensi gangguan sekecil apapun harus segera dimitigasi dan ditindaklanjuti untuk memastikan keandalan sistem dalam rangka kesiapan event itu tetap terjaga," lanjut Didik.

Metode online washer dilakukan dengan kondisi bertegangan tanpa membutuhkan pemadaman listrik. Peralatan ini bekerja dengan cara menyemprotkan air bertekanan tinggi yang memiliki konduktifitas rendah yakni di bawah 400 μS, untuk menghilangkan polutan pada permukaan peralatan instalasi listrik tegangan tinggi atau ekstra tinggi.

"Pemanfaatan dari teknologi online washer dalam pelaksanaan cleaning insulator dinilai dapat memberi benefit lebih pada perusahaan karena pekerjaan dapat dilakukan dengan kondisi bertegangan tanpa perlu melakukan padam. Efisiensi dari biaya energi tidak terserap dan biaya stop-strart pembangkit dapat dicapai ketika pekerjaan cleaning insulator dilakukan dengan metode ini," jelas General Manager PLN UIT JBT Tejo Wihardoyono.

Pekerjaan yang dimulai dari pagi dapat diselesaikan pada pukul 15.00 WIB. Meski pekerjaan sudah selesai dengan baik, peralatan online washer saat ini masih ditempatkan di GISTET Paiton agar tetap stand by apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk mendukung kesiapan KTT G20. By

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU