Jelang Kualifikasi Piala AFC U-20 2023, Pemkot Surabaya Klaim Bau Sampah di Sekitar Stadion GBT Telah Berkurang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 04 Sep 2022 10:36 WIB

Jelang Kualifikasi Piala AFC U-20 2023, Pemkot Surabaya Klaim Bau Sampah di Sekitar Stadion GBT Telah Berkurang

i

TPA Benowo yang sudah dipasangi geomembran untuk mereduksi bau sampah

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tengah membenahi beberapa permasalahan menjelang ajang kualifikasi Piala AFC U-20 2023 yang digelar pada tanggal 14-18 September mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Salah satu masalah yang harus diatasi, yaitu bau sampah yang ditimbulkan dari tempat pembuangan akhir (TPA) di Benowo. Pemkot Surabaya bersama dengan pengelola sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, telah melakukan berbagai upaya untuk mereduksi bau tersebut.

Baca Juga: GBT Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Eri Cahyadi Legowo

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro menjelaskan, bau tidak sedap yang sebelumnya ditimbulkan dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, kini sudah tidak tercium lagi di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Hebi mengatakan, pihaknya telah menerapkan sejumlah metode manajemen pengelolaan sampah di TPA Benowo. Ini dilakukan agar TPA di sana, tak lagi menimbulkan bau tidak sedap.

“Jadi ini komitmen pemkot agar GBT tidak bau. Untuk permasalahan bau dari TPA bukan diusahakan lagi, tapi harus hilang baunya terutama pada saat pertandingan kualifikasi AFC U-20 berlangsung,” kata Agus Hebi, Jum’at (2/9/2022).

Sejumlah metode itu, Hebi menambahkan, mulai dari penyemprotan efektif mikro organisme EM6. Menurutnya mikroorganisme tersebut, bukan merupakan zat kimia, melainkan organik yang bisa menghilangkan bau sampah.

"Jadi EM6 ini bukan kimia, tapi organik," ujar Hebi.

Baca Juga: 1.500 Ton Sampah Masuk ke TPA Benowo Surabaya Tiap Harinya

Tidak hanya melakukan penyemprotan EM6, pihak pemkot juga menerapkan treatment dengan menutup seluruh TPA Benowo menggunakan geomembran.

"Kemudian ada penutupan membran dan sekarang sudah 100 persen. Itu yang sudah kami lakukan," pungkas Hebi.

Selain itu, cara lain untuk menghilangkan bau sampah yakni dengan membangun buffer zone atau kawasan penyangga TPA Benowo. Bentuk buffer zone ini berkonsep seperti hutan yang mengelilingi TPA Benowo.

"Ini masih kami kerjakan. Kalau buffer zone itu harus sampai 500 meter, ini baru satu shaft. Kalau buffer zone memang terkait tanaman, mungkin akan tampak setelah dua tahun setelah ditanam," ucap Hebi.

Baca Juga: Bonek Minta Persebaya Diizinkan Main di Stadion GBT

Dengan persiapan yang cukup ber-progres itu, Hebi menyatakan jika Pemkot Surabaya menjamin penyelenggaraan kualifikasi AFC U-20 di Stadion GBT bisa berlangsung dengan nyaman.

“Sudah ada jaminan itu, dan juga pengelola dari TPA benowo bersurat ke kami bahwa mereka menjamin selama pelaksanaan AFC U-20 berlangsung, juga tidak bau,” tutup Hebi.

Sebagai informasi, Stadion GBT telah ditunjuk sebagai tuan rumah pertandingan Grup F Kualifikasi Piala AFC U-20 tahun 2023. Grup ini akan diisi oleh Timnas Indonesia U-20, Hongkong, Vietnam dan Timor Leste. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU