Jelang Laga 3, Pelatih Persid Jember Kerja Keras Promosikan Tim

Pelatih Persid Jember Slamet Sampurno

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Pelatih Persid Jember Slamet Sampurno baru saja resmi melatih Persid pada Senin (15/08/2022) lalu. Namun sampurno kini mempunyai tanggung jawab yang berat. Ia harus mempromosikan klub berjuluk Macan Raung itu ke kompetisi sepak bola Liga 3 pada pertengahan September mendatang.

Sampurno sendiri merupakan mantan pelatih PSIL Lumajang yang menggantikan posisi Herrie Setiawan setelah resmi meninggalkan Persid sejak Senin (01/08/2022). Sampurno mengatakan pihaknya saat ini tengah menyesuaikan diri dengan keadaan.

“Persiapan Persid selama dilatih Coach Herrie sudah berjalan satu bulan. Jadi sambil berjalan, kami akan menyesuaikan diri. Kami berkenalan dengan para pemain, bertanya kepada pemain senior, dan mencari referensi dari yang lain. Kebetulan pelatih kipernya kan senior saya dulu di Persid, Coach Abdul Rahman,” kata Sampurno, Kamis (18/8/2022).

Sampurno meyakini bahwa tak ada perbedaan yang tajam antara filosofinya dengan Herrie dalam hal taktik bermain.

“Kami juga mendapat referensi dari asisten pelatih. Sebetulnya tidak berbeda jauh,” tuturnya.

Sang pelatih juga menjelaskan kunci untuk melangkah maju ke depan. Ia menilai bahwa setiap proses adalah pembelajaran.

“Tentunya dari komposisi pemain kita bisa optimistis untuk melangkah ke depan. Yang penting kekompakan pemain terjaga, bagaimana memaksimalkan potensi pemain. Itu yang jadi salah satu kunci melangkah ke depan,” pungkasnya.

Dalam persiapan menghadapi Liga 3 bulan depan, Sampurno menyiapkan pengorganisasian tim sebagai langkah pertama.

“Mulai dari bertahan hingga menyerang. Itu yang akan dibenahi. Saya masih menggunakan formasi 4-3-3,” pungkasnya.

Sampurno akan bekerjasama dengan asisten pelatih yang sudah ada yakni Erfan Fabian dan Abdul Rahman lantaran ia tidak membawa asisten pelatih sendiri. jb