Jelang Pembukaan, Satgas Covid-19 Cek Kesiapan Prokes

Petugas dari Satpol PP dan Disparbud mengecek kesiapan bioskop sebelum kembali diizinkan buka.

 

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Sejumlah wilayah di Jatim telah mengijinkan bioskop untuk kembali beroperasi dengan beberapa ketentuan. Jika tidak ada halangan, sejumlah bioskop di Gresik akan kembali bisa beroperasi pada Kamis (22/4) mendatang.

Dua bioskop di Gresik dicek teknis pembukaan serta protokol kesehatannya, Senin (12/4). Pemeriksaan dimulai dari bioskop XXI di Gressmall kemudian dilanjut ke Bioskop CGV di Icon Mall.

Di Gresmall satgas covid mengecek satu persatu mulai dari cara masuk, cek tiket hingga keluar. Rata-rata di XXI memiliki 191 kapasitas tempat duduk. Sesuai ketentuan hanya diperbolehkan 85 penonton. Kursi-kursi di dalam studio pun sudah ditempeli tanda silang. Begitu juga saat pengecekan tiket sudah termonitor di monitor operator bioskop.

Berpindah ke CGV di Icon Mall. Tampaknya komitmen pembukaan bioskop dengan prokes benar dipatuhi. Dennis Hardiman Putra dari CGV menyatakan, selain penerapan prokes, pihaknya juga akan mensiagakan petugas di masing-masing studio. Yakni setiap 15 menit sekali petugas akan masuk ke studio untuk mengecek prokes penonton. 

“Ini untuk antisipasi ketika film diputar penonton tetap harus menerapkan prokes. Jadi 15 menit sekali petugas akan masuk memeriksa, kalau ada yang melanggar tentu akan kami tegur. Couple seat juga kami batasi tidak bisa berdua,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agustin Halomoan  Sinaga meminta pengelola bioskop agar berkomitmen menegakan prokes. Sebab, dibukanya bioskop secara terbatas besok merupakan kesempatan yang sudah diberikan Pemkab Gresik.

“Mumpung diberikan kesempatan, jangan sampai nanti ditemukan pelanggaran. Kalau sudah ditemuka pelanggaran jelas begitu akan buka lagi akan lebih sulit,” ucapnya.

Apabila pembukaan ini berhasil, pihaknya berharap agar bisa berkelanjutan. Sebab dengan begitu bisa menggerakan ekonomi di sektor hiburan. 

Di tempat yang sama Kasat Pol PP Abu Hasan menjelaskan, pihaknya berjanji akan mengawasi ketat pembukaan bioskop ini. Bahkan pihaknya berencana menonton bioskop untuk memeriksa prokes tanpa segaram dinas. “Ya nanti bisa saya sendiri bisa orang lain tanpa seragam. Untuk memeriksa prokes,” katanya.

Tim Dinas Kesehatan yang ikut melihat bioskop menjelang dibuka juga mengaku akan mendatangi studio ketika sudah dibuka nanti. Hal itu dilakukan untuk memeriksa penerapan prokes di lapangan.

Sebagai catatan, bioskop akan mulai dibuka 22 April nanti. Penonton hanya berkapasitas 50 persen. Kemudian, selama bulan suci ramadhan nanti, bioskop akan buka mulai pukul 11:00 sampai 17:00. Kemudian buka kembali pukul 20:00 hingga 22:00.

Selain jadwal juga disepakati pengunjung tidak diperbolehkan membawa masuk makanan dan minuman. Pemesanan tiket pun juga secara online dan prokes tetap ditegakan.

Nah, setelah bulan puasa nanti pembukaan bioskop akan secara normal sesuai dengan Perbup 22/2020. Yakni pukul 11:00 hingga 22:00. Rencananya, sebelum bioskop dibuka, Disparbud akan melakukan survei lokasi minggu depan.