Jelang Piala Dunia U-20 2023, Stadion GBT Surabaya Tidak Boleh Digunakan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 06 Jan 2023 14:52 WIB

Jelang Piala Dunia U-20 2023, Stadion GBT Surabaya Tidak Boleh Digunakan

i

Stadion GBT Surabaya. Foto: Pemkot Surabaya.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) terpilih menjadi salah satu venue Piala Dunia U20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni mendatang.

Stadion GBT Surabaya berhasil meraih nilai tertinggi di antara tiga stadion yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 mendatang.

Baca Juga: Paulo Henrique Cetak Dua Gol, Tapi Ditahan Imbang Persita

Dari hasil assessment yang dilakukan Mabes Polri, Stadion yang berada di barat kota Surabaya ini mendapatkan skor 85,75 persen dengan prediksi baik dan layak, bahkan dapat menggelar pertandingan dengan kehadiran penonton.

Maka dari itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggenjot proses renovasi sejak awal tahun agar stadion tersebut semakin siap. Sehingga, menjelang Piala Dunia U20 2023, Stadion GBT Surabaya akan disterilkan.

Hal tersebut dinyatakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwik Widayati, Kamis (5/1/2022).

Wiwik mengatakan, larangan tersebut berdasarkan surat dari Kementerian PUPR yang diterima tertanggal pada 2 Januari 2023. Surat itu menyatakan GBT tidak bisa lagi dipergunakan oleh semua pihak.

Baca Juga: Akhirnya Bajul Ijo Bisa Menang atas Klub Radja Nainggolan

Larangan tersebut berlaku mulai Januari sampai berakhirnya kompetisi sepak bola itu, tepatnya 11 Juni 2023.

"Saat ini, GBT dan lapangan-lapangan pendukung untuk Piala Dunia sudah masuk proses renovasi yang dilakukan Kementerian PUPR. Segala sesuatunya harus sesuai dengan rencana kementerian," kata Wiwik.

"Pekan depan material untuk renovasi sudah tiba di lokasi yang direnovasi," imbuhnya.

Baca Juga: Saatnya Menang, Rek!

Atas keputusan tersebut, Persebaya Surabaya pun kini mencari stadion lain sebagai kandang selama putaran kedua Liga 1 2022-2023. Stadion Gelora Joko Samudro di Gresik akan menjadi kandang sementara tim berjuluk Bajul Ijo.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan bahwa Persebaya sudah mengantongi izin untuk berkandang di stadion tersebut. Laga kandang versus Tira Persikabo 1973 pun akan dihelat di Gresik. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU