Jelang Piala Dunia U-20, Pemkot Surabaya Gelar Turnamen Sepak Bola Tingkat RW Hingga Kota

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Mar 2023 11:38 WIB

Jelang Piala Dunia U-20, Pemkot Surabaya Gelar Turnamen Sepak Bola Tingkat RW Hingga Kota

i

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Foto: Diskominfo Surabaya.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mulai menggelorakan Piala Dunia U-20 yang berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Dalam dua bulan ke depan, Pemkot Surabaya akan menggelar serangkaian kegiatan terkait dengan sepakbola.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berencana untuk mengadakan turnamen sepak bola mulai dari tingkat RW hingga kota. Menurutnya, tujuan turnamen tersebut untuk menambah kemeriahan menyambut Piala Dunia U-20.

Baca Juga: Dispendik Gandeng Dispendukcapil Filter Penduduk Dadakan

“Jadi, dengan kepastian gelaran piala dunia, kami akan melakukan kegiatan "Road to World Cup 2023". Di antaranya, ada pertandingan sepak bola mulai tingkat RW, lurah, kecamatan, sampai kota,” kata Eri.

 “Untuk mekanisme turnamen, itu masih dibahas dengan teman-teman (jajaran),” imbuhnya.

Eri mengatakan peserta turnamen sepak bola "Road to World Cup" itu direncanakan mengenakan jersei tim peserta Piala Dunia U-20. Penentuannya melalui proses undian.

"Kalau sudah pasti (digelar), kemudian yang bertanding (kompetisi sepak bola tingkat RW hingga kota) menggunakan jersei (tim peserta) piala dunia. Nanti diundi," ujarnya.

Selain turnamen sepak bola, Pemkot Surabaya juga akan menyiapkan dekorasi-dekorasi Piala Dunia U-20. Salah satunya, maskot bernama Bacuya atau Badak Cula Cahaya.

Dekorasi maskot yang mengambil karakter badak bercula satu bakal dihadirkan di sejumlah titik di Surabaya.

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

"Ada lah (dekorasi) kalau itu, ada simbol atau maskot Piala Dunia U-20 itu kami munculkan," tuturnya.

Di samping itu, Eri menuturkan bahwa Pemkot Surabaya juga sudah menyiapkan dekorasi khusus di 3 lapangan latihan. Yakni dengan memberikan maskot Piala Dunia U-20 di lapangan A, B, C, Lapangan Thor, dan Gelora 10 November.

"Ada lah kalau itu (dekorasi), ada simbol atau maskot piala dunia itu kami munculkan. Nanti kalau sudah pasti, kemudian yang bertanding (kompetisi sepak bola tingkat RW, kelurahan, kecamatan) pakai kostum piala dunia, nanti diundi mana yang pakai jersey tim peserta," terangnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Indonesia dan PSSI telah menyiapkan enam stadion untuk menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya akan digelar di Indonesia. Adapun Piala Dunia U-20 akan diikuti 24 tim dari berbagai dunia

Baca Juga: Dewan Minta Pemkot Surabaya Serius Tangani Pengelolaan Sampah TPA Benowo 

Enam stadion yang disiapkan antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali). Saat ini FIFA tengah melakukan inspeksi untuk memastikan masing-masing stadion memenuhi standar.

Orang nomor satu di Kota Surabaya tersebut berharap keenam stadion di Indonesia tetap dipakai sebagai venue pertandingan Piala Dunia U-20.

"Kami mendukung betul dan saya berharap 6 stadion dipakai semua. Kalau pun ada yang tidak terpakai, yang penting sudah berusaha," tutupnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU