Jelang Ramadan, Pemkab Tuban Gelar Pasar Pangan Murah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 17 Mar 2023 08:18 WIB

Jelang Ramadan, Pemkab Tuban Gelar Pasar Pangan Murah

i

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat meninjau pasar murah di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Rabu (15/3/2023). Foto: Pemkab Tuban.

SURABAYAPAGI.COM, Tuban – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPP) menggelar pasar pangan murah di Balai Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban pada Rabu (15/3/2023).

Kegiatan tersebut ditinjau langsung oleh Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky dengan didampingi Forkopimca dan Kades se-Kecamatan Jenu.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Pasuruan Gelar Pasar Murah Ramadhan

Dalam kesempatan tersebut, Bupati meninjau stan minyak goreng, beras dan lainnya untuk memastikan stok yang disediakan mencukupi.

“Kita gelar pasar murah ini agar fluktuasi tidak terjadi secara signifikan,” kata Lindra.

Gelar pangan murah berkualitas kali ini juga menggandeng lima gabungan kelompok tani (gapoktan) binaan dari OPD sebagai penyedia aneka produk. Melalui koordinasi semua pihak, para kelompok petani binaan dapat memasarkan hasil produk mereka seperti beras, sayuran, dan telur.

“Kita libatkan lima gapoktan, yaitu gapoktan Tani makmur, KWT gading, Gapoktan Sri rejeki, Gapoktan Dwitunggal, dan Gapoktan Ngadimulyo,” ujarnya.

Lindra berharap, masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik.

“Mudah-mudahan masyarakat terbantu dengan adanya pangan murah ini,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris DKPPP Tuban Edi Sunarto mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk stabilisasi stok dan harga bahan pangan pokok menjelang bulan Ramadhan.

“Memang tujuannya untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok menjelang Ramadhan,” ujar Edi.

Baca Juga: Adu Banteng 2 Sepeda Motor di Tuban: 1 Orang Tewas, Salah Satunya Masih di Bawah Umur

Edi juga menuturkan bahwa biasanya saat Ramadhan harga bahan pokok selalu naik. Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya menggelar bazar pangan murah.

“Tentu harga di bazaar pangan murah ini relatif lebih murah jika dibandingkan di tempat lain,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, dalam bazar pangan murah DKPPP Tuban selalu melibatkan kelompok tani. Menurutnya, stok barang atau bahan pokok lebih berkualitas langsung diambil dari kelompok tani.

“Kadang kita juga menyesuaikan permintaan di masyarakat, kapan buat pasar murah, seperti ini langsung kami tindak lanjuti,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wadung Sasmito menyampaikan rasa terima kasihnya atas digelarnya pasar murah di Desa Wadung. Menurutnya, masyarakat sangat terbantu dengan adanya pasar murah tersebut. Ia pun berharap, acara serupa bisa dilaksanakan satu hingga tiga bulan sekali.

Baca Juga: Stabilkan Harga Sembako Jelang Idul Fitri, Pemkab Sidoarjo Gelar Gerakan Pangan Murah

“Apalagi ini menghadapi bulan puasa, kebutuhan belanja pasti meningkat,” tutur Sasmito.

Adapun bahan pangan yang disediakan di antaranya beras medium petani sebanyak 3000 kg dengan ukuran 5kg seharga Rp. 50.000 per/5 kg.  Kemudian, beras SPHP sebanyak 2000 kg dengan harga Rp. 47.250 per/5 kg. 

Selanjutnya, cabai keriting dengan stok 17,5 kg dan cabai merah 20 kg, dengan harga Rp. 8500 per ¼ kg. Kemudian, cabai hijau besar dengan stok 2,5 kg dengan harga Rp. 5.000 per ¼ kg, cabai rawit campur dengan stok 25 kg, harga Rp. 10.000 per ¼ kg. Cabai rawit hijau stok 3 kg, harga Rp. 7500 per ¼ kg. Berikutnya, tomat stok 50 kg dengan harga Rp. 3500 per ½ kg. Bawang merah stok 300 kg dengan harga Rp. 26000/ kg. 

Kemudian, minyak goreng stok 600 bungkus dengan harga Rp.13.500 per bungkus. Gula pasir kemasan stok 200 bungkus dengan harga Rp.13.500/kemasan, gula pasir kiloan harga Rp.12.700/kg dengan stok 200 kg dan telur dengan stok  50 kg dengan harga Rp.27.000 /kg. Selain itu, ada pula ikan asapan dengan harga mulai 15 hingga 25 ribu rupiah hasil dari pada nelayan Kecamatan Jenu. tbn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU