Jelang Ramadhan, Pemkot Batu Gelar Operasi Pasar Murah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 03 Mar 2023 09:53 WIB

Jelang Ramadhan, Pemkot Batu Gelar Operasi Pasar Murah

i

Operasi pasar murah di Jalan Sawahan Bawah, Kota Batu, Kamis (2/3/2023). Foto: Pemkot Batu.

SURABAYAPAGI.COM, Batu - Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur menggelar operasi pasar murah menjelang Ramadhan. Pasar tersebut berada di Jalan Sawahan Bawah, Kota Batu.

Operasi pasar murah tersebut digelar secara rutin dengan menyediakan bahan kebutuhan pokok penting di bawah harga pasar. Hal itu merupakan upaya untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok dan mengendalikan tingkat inflasi di wilayah tersebut.

Baca Juga: Ribuan PKL akan Direlokasi ke Pasar Induk Among Tani

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskomperindag) Kota Batu Eko Suhartono mengatakan bahwa pelaksanaan operasi pasar tersebut dilakukan setiap Kamis pada tiap minggunya hingga menjelang Ramadhan.

“Operasi ini adalah agenda rutin Diskomperindag Kota Batu. Salah satunya untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok dan inflasi. Operasi pasar murah ini akan digelar setiap minggu hingga menjelang Ramadhan," kata Eko di Kota Batu, Kamis (2/3/2023).

Sejumlah bahan kebutuhan pokok yang disediakan seperti beras, gula, telur, minyak goreng, hingga sayur-sayuran.

“Ada berbagai bahan pokok yang disediakan, seperti gula, beras, telur, minyak goreng, dan sayur-sayuran,” ujarnya.

Lebih lanjut, Eko menambahkan, operasi pasar murah juga akan digelar rutin secara bergantian pada setiap desa atau kelurahan yang ada di wilayah Kota Batu hingga Ramadhan.

Baca Juga: Pemkot Batu Mulai Bongkar Kios Pasar Relokasi

“Operasi pasar murah ini akan digelar setiap minggu di seluruh desa dan kelurahan se-Kota Batu secara bergantian hingga menjelang puasa,” tuturnya.

Selain menjaga stabilitas harga kebutuhan bahan pokok, ia berharap, operasi pasar tersebut bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh bahan kebutuhan itu dengan harga murah.

"Harapannya, pasar murah bisa menjaga stabilitas harga bahan pokok dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh bahan pokok dengan harga murah," ucapnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota Batu melakukan sejumlah upaya untuk menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok yang bisa mengakibatkan lonjakan inflasi menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Baca Juga: BPBD Kota Batu Canangkan Pembentukan Wisata Tangguh Bencana

Ada empat langkah yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Batu untuk mengendalikan inflasi khususnya menjelang Ramadhan, seperti mengadakan pasar murah di semua kecamatan dan desa sesuai waktu yang ditentukan.

Selanjutnya, menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan, terutama menjelang dan pada saat Ramadhan. Para pemangku kepentingan juga diminta untuk peduli dengan mengumpulkan zakat infak dan sedekah melalui Baznas.

Di samping itu, Pemerintah Kota Batu juga akan berupaya untuk menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok di pasaran dengan menggelar operasi pasar dan sidak pasar, termasuk mendatangi para distributor bahan kebutuhan pokok. bt

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU