Jelang Ramadhan, Wali Kota Mojokerto Megengan Bareng Anak Yatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Mar 2023 16:15 WIB

Jelang Ramadhan, Wali Kota Mojokerto Megengan Bareng Anak Yatim

i

Ning Ita Wali Kota Mojokerto saat megengan bersama anak yatim.

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menghadiri Megengan Bareng Anak Yatim yang digelar oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Kantor PC NU Kota Mojokerto, Surodinawan, Sabtu (18/3) malam.

Megengan termasuk salah satu tradisi menjelang hadirnya bulan Ramadhan, khususnya oleh warga Nahdliyin dari berbagai kelompok masyarakat, baik kalangan pesantren maupun bukan.

Baca Juga: Respon Cepat Aduan Masyarakat, PJ Ali Kuncoro Sidak TPS Benpas dan TPA Randegan

"Ini menjadi momentum untuk menguatkan silaturahmi kita semua, untuk bersama-sama membangun keumatan dan Kota Mojokerto dari berbagai aspek kehidupan," ujar wali kota.

Lebih lanjut, sosok yang akrab disapa Ning Ita ini berharap agar tradisi tersebut bisa terus dilestarikan di Kota Mojokerto. Sebab tidak hanya sebagai ajang silaturahmi, melainkan juga mengajarkan harmonisasi.

Baca Juga: Realisasi Pajak Kota Mojokerto Naik Signifikan Capai Rp 71,4 Miliar

Mengingat saat megengan, selain membaca tahlil dan doa bersama, masyarakat biasanya juga membawa asahan atau shadaqah makanan. Setelah tahlil dan doa bersama, makanan tersebut akan dinikmati bersama.

"Semua duduk bersama, makan bersama. Baik kyai, santri, wali kota ataupun warga, duduk bersama tidak ada lagi jabatan, kalo sudah Megengan," tutur Ning Ita.

Baca Juga: Pimpin Apel Pagi Pasca Libur Lebaran, Pj Ali Kuncoro Ingatkan PR Sudah Menanti

Acara tersebut turut dimeriahkan oleh seni shalawat dan banjari. Selain pemberian santunan bagi anak yatim, juga terdapat doa bersama dan mauidhoh hasanah yang disampaikan oleh pimpinan Ponpes Nurul Huda, KH. Faqih Usman. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU