Jembatan Tiwet yang Menghubungkan Turi-Kalitengah Ambles

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 28 Nov 2023 17:28 WIB

Jembatan Tiwet yang Menghubungkan Turi-Kalitengah Ambles

i

Kondisi jembatan tiwet yang ambles melengkung di bagian tengah. SP/MUHAJIRIN

Sementara Jembatan Ditutup Arus Dialihkan

 

Baca Juga: Toko Nelayan di Lamongan Terbakar

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Diduga karena serin dilewati kendaraan berat, jembatan tiwet yang menghubungkan dua Kecamatan Turi - Kalitengah ambles pada, Selasa pagi (28/11/2023) ambles.

Untuk mengantisipasi adanya kecelakaan, jembatan ditutup dan arus lalu lintas roda dua dan empat dialihkan.

Zuhri Kades Tiwet Kecamatan Kalitengah saat dihubungi membenarkan kalau jembatan yang berada di atas sungai Bengawan Jero itu ambles pada pagi hari.

"Iya ambles kondisinya melengkung ke bawah, kejadian sekitar pukul 05.00 pagi," katanya.

Disebutkan olehnya, jembatan tersebut mengalami keretakan di bagian tengah, dan tepat pada penghubung antar jembatan dengan dataran tanah.

“Jembatan sepanjang 10 meter ambruk karena faktor usia serta dampak akibat dari banyaknya lalu-lalang kendaraan bertonase besar,” ujarnya.

Baca Juga: Seleksi Penerimaan Calon Paskibraka 2024 Lamongan Dimulai

Melihat situasi itu, pemerintah desa dibantu oleh warga beserta Karang Taruna setempat, berinisiatif untuk menutup sementara jembatan tersebut bagi kendaraan roda 2 dan 4, dan hanya bisa dilalui pejalan kaki.

“Kami melarang kendaraan roda dua untuk meminimalisir kecelakaan, dan kendaraan bisa mengalihkan ke jalur lain,” ungkap Kades.

Diketahui sebelum ambles, lanjutnya jembatan tersebut terlebih dahulu melengkung dan retak pada beberapa bagiannya. Pemerintahan desa berharap agar pemerintah Kabupaten segera mengambil tindakan, sebab jembatan tersebut merupakan akses utama masyarakat.

“Amblesnya jembatan ini, otomatis harus mencari jalan alternatif yang cukup sulit dilalui, semoga pemerintah segera melakukan pembangunan jembatan ini secepatnya karena ini akses utama bagi masyarakat yang ada di Turi dan Kalitengah,” tuturnya.

Baca Juga: Pencuri Kotak Amal di Lamongan Diamankan

Pemerintah Desa sudah melaporkan kejadian tersebut ke pemerintah daerah, dan berharap amblesnya jembatan tersebut segera teratasi.

"Kami sudah laporan amblesnya jembatan ini ke Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas PU Bina Marga," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Lamongan, Sujarwo saat dikonfirmasi mengatakan, kalau jembatan yang ambles tersebut mulai besok, Rabu (29/11) akan dilakukan penanganan secara darurat, agar jembatan tersebut masih bisa dilalui oleh kendaraan.

"Besok pagi rencana kita tangani darurat mas, supaya kendaraan bisa lewat," terangnya. jir

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU