Jember Fashion Carnival 2023 Gerakkan Ekonomi UMKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 07 Agu 2023 11:32 WIB

Jember Fashion Carnival 2023 Gerakkan Ekonomi UMKM

i

Pelaku UMKM di pagelaran Jember Festival Carnival 2023. Foto: Pemkab Jember.

SURABAYAPAGI.COM, Jember – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menggelar Jember Festival Carnival (JFC) ke-21 Tahun 2023 di Alun-alun Jember pada Jum’at (6/8/2023) hingga Minggu (6/8/2024).

Perhelatan akbar JFC  dinilai berperan sangat penting dalam meningkatkan perekonomian. Pasalnya, event spektakuler tersebut mampu mendatangkan visitor dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia. Tentunya bisa mendatangkan rezeki bagi berbagai pihak, salah satunya pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM).

Baca Juga: Kemenperin: Stok Gula dan Minyak Goreng Aman Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2024

Agenda tahunan yang puncaknya digelar pada Sabtu (5/8/2023) malam berhasil membuat takjub setiap mata yang memandang dan disaksikan langsung Bupati Jember Hendy Siswanto. Di mana Jember dianugerahkan penghargaan rekor MURI kategori UMKM terpanjang dan lampu sorot terbanyak.

Pemberian Rekor MURI tersebut disampaikan oleh Manajer Eksekutif MURI Sri Widayati kepada Bupati Jember Hendy Siswanto saat Grand Carnival JFC di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (5/8/2023).

Sri mengatakan, dari hasil perhitungan yang dilakukan, jumlah UMKM yang terlibat di Jember Fashion Carnival ini mencapai 2.548 UMKM. Para pelaku UMKM ini meramaikan sepanjang rute catwalk talent JFC, yang panjangnya 3,6 kilometer.

Baca Juga: UMKM Mebel dan Kerajinan Siap-siap Kecipratan Proyek IKN Rp 100 Triliun

Bupati Jember Hendy Siswanto, mengapresiasi banyaknya UMKM dan lampu sorot yang meraih rekor MURI dalam kegiatan Jember Fashion Carnaval, yang memiliki multiplier effect yang luar biasa.

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada pihak manajemen JFC dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan event spektakuler itu, sehingga mendapatkan dua rekor MURI sekaligus," kata Hendy.

Baca Juga: Antisipasi Beras Mahal, Pedagang Warteg Kurangi Porsi Nasi ke Pelanggan

Bupati menjelaskan berbagai produk unggulan UMKM terdiri dari batik, ekonomi kreatif, produk olahan kopi, coklat, cerutu, tembakau, dan kerajinan lainnya dipamerkan untuk dijual kepada para tamu dan wisatawan yang hadir dalam kegiatan JFC. Selain itu, pelaku UMKM juga menawarkan berbagai macam jajanan untuk menyemarakkan event.

Adapun berkah yang didapatkan pelaku UMKM dari JFC yakni meningkatnya penghasilan dari hari biasanya. Pasalnya, antusias penonton terhadap event tahunan ini besar sehingga pembeli produk UMKM juga banyak. Selain itu, event JFC juga semakin mengenalkan produk UMKM secara lebih luas. jbr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU